by

Tips Bahagia di Era Virus Corona

-Denny JA, Opini-1,623 views

Denny JA

KOPI, Jakarta – Sebuah kelas online tiba tiba menjadi perhatian luas. Dr. Lauri Santos membuka kelas online di Yale University. Itu kelas psikologi yang sudah diperkaya oleh neuroscience. Nama kelasnya: the Science of Wellbeing. Bagaimana tetap berbahagia di era virus corona. (1)

Sebanyak 2 juta siswa mendaftar di kelas itu. Sebanyak 40 juta siswa lain membaca materi kelas itu.

Apa yang terjadi? Mengapa tips bahagia di era pandemik corona begitu populer?

Jawabnya : karena ada yang turun dan ada yang naik. Yang turun adalah penghasilan ekonomi. Semakin banyak orang miskin baru. Semakin ramai orang susah baru.

Yang naik adalah level stress. Yang naik adalah kegelisahan, kecemasan, kekhawatiran. (2)

Gallup Poll merekam suasana batin orang Amerika Serikat era pandemik. Sekitar 60 persen warga Amerika Serikat merasa khawatir. Ini angka kecemasan yang sangat tinggi.

Yang dibutuhkan tak hanya terapi fisik seperti cuci tangan agar bersih dari virus corona. Dibutuhkan juga cuci pikiran agar bersih dari virus kegelisahan.

Yang diharapkan tak hanya solusi fisik seperti masker melindungi raga dari masuknya virus corona. Diharapkan juga masker untuk melindungi emosi kita dari masuknya virus kecemasan.

Yang diperlukan tak hanya tips fisik seperti social distancing agar ada jarak untuk tak tertular virus corona. Diperlukan juga psycilogical distancing agar ada jarak dari histeria dan aura negatif era pandemik.

Tak heran kelas online yang mempopulerkan science of happiness menjadi trendy.

-000-

Lain di Amerika Serikat lain di Indonesia. Di Amerika Serikat ada Dr Lauri Santos. Di Indonesia, ada sepasang suami istri: JoJo Rahardjo dan Desny Zacharias Rahardjo menulis buku dengan nada sama: Resilience, Membangun Positivity: Tetap Tangguh di Masa Sulit.

Buku singkat ini juga memberikan tips bersandar riset cara tangguh menghadapi era virus corona. Berdasarkan riset, betapa sikap hidup positif, meditasi, bersyukur, menolong orang lain, olah raga, hubungan sosial yang akrab itu dapat menambah kekebalan tubuh.

Jojo dan Desny merumuskan kata yang berbeda untuk formula yang umumnya sama. Riset soal happiness sudah sampai pada kematangan itu. Aneka varibel penyebab kebahagiaan sudah diuji coba.

Saya sendiri sudah pula mempublikasikan buku “Bahagia itu Mudah dan Ilmiah,” di tahun 2016. Platform bahagia itu saya rumuskan menjadi 3 P + 2 S. 3 P itu adalah Personal Relationship, Positivity, Passion. Sedangkan 2 S itu adalah Small Winning dan Spirituality. (3)

-000-

Buku Jojo dan Desny ini terbit tepat waktu. Kini sudah terlalu sering mendengar cara hidup di era New Normal ketika vaksin belum ditemukan.

Umumnya tips yang diberikan sangatlah fisik belaka: membersihkan ruangan dengan disinfectan, ukur suhu sebelum masuk ruangan, jarak jangan kurang satu meter dari orang lain.

Padahal di era pandemik, virus kecemasan dan kekhawatiran tak kalah bahaya. *

Mei 2020

(Sekapur Sirih Buku Resilience, Membangun Positivity: Tetap Tangguh di Masa Sulit, oleh Jojo Rahardjo dan Desny Zacharias Rahardjo)

Catatan Kaki

(1) Kelas Online The Science of Wellbeing diikuti 2 juta siswa https://www.weforum.org/agenda/2020/04/coronavirus-covid19-science-of-wellbeing-yale-advice/

2) kecemasan menaik dengan mencolok di era virus corona https://www.bbc.com/news/amp/health-52574606

3) Buku Denny JA: Bahagia itu Mudah dan Ilmiah https://www.facebook.com/groups/970024043185698/permalink/1014415972079838/

Link: ttps://www.facebook.com/322283467867809/posts/2903081549787975/?d=n

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA