by

Jurus Sakti ‘Gerobak Cinta’ Hantar Flores Timur Raih 10 Besar Nasional

KOPI, Flores Timur – Progam Gerobak Cinta merupakan sebuah program unggulan inovasi pembangunan Pemerintah Kabupaten Flores Timur, berhasil menghantarkan Flores Timur masuk dalam 10 besar kabupaten di Indonesia yang memiliki perencanaan pembangunan dengan program inovasi terbaik.

Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, belum lama ini, Kamis, 30/04/2020, mengatakan penghargaan tersebut diumumkan pada kegiatan Musrenbang Tingkat Nasional di Jakarta yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Bupati Anton menjelaskan, salah satu dari keunggulan program Gerobak Cinta berdasarkan penilaian Pemerintah Pusat adalah mampu menurunkan angka stunting di Flores Timur dari 40 % menjadi 20% pada tahun 2020. Prestasi membanggakan ini, kata Anton, merupakan berkat dukungan dan sinergritas dari semua pihak dan layak diterima oleh masyarakat Flores Timur.

“Adapun aspek penilaian yang menghantar Flores Timur menyabet predikat tersebut, yaitu penilaian teknis dokumen, prestasi dan wawancara serta verifikasi dan kunjungan lapangan,” ungkap Anton.

Atas prestasi yang membanggakan ini, Pemerintah Kabupaten Flores Timur memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Hasil Penilaian Tahap II oleh Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  RI.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, melalui Suratnya Nomor: 04842/D.9/04/2020, tanggal 28 April 2020, mengumumkan Hasil Penilaian Tahap II Tingkat Kabupaten dan Kota tentang pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020. Surat itu ditujukan kepada 33 Kepala Bappeda Kabupaten/Kota dengan tembusan disampaikan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas dan  Sesmen PPN/Sestama Bappenas serta 15 Bupati, 18 Walikota dan 23 Kepala Bappeda Propinsi se-Indonesia.

Bupati Anton kepada media ini menambahkan bahwa Kabupaten dan Kota yang masuk dalam 10 besar sesuai penilaian tersebut, antara lain Kabupaten Bangka, Flores Timur, Klungkung, Kuburaya, Musi Rawas, Poso, Samosir, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Tanah Datar dan Kabupaten Temanggung. Sedangkan Kota terdiri dari Kota Balikpapan, Padang, Palu, Pontianak, Semarang, Sungai Penuh, Surabaya, Tangerang, Tual, dan Kota Yogyakarta.

“Kita berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur, dan ini berkat keja keras semua pihak, bukan kerja keras satu orang. Penghargaan ini layak dan harus menjadi milik kita bersama dan saya persembahkan untuk rakyat Flores Timur,” tutup Bupati Anton. (Att)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA