by

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai

KOPI, Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta memang sebuah provinsi yang sangat potensial soal urusan dunia wisata. Hal ini karena Yogyakarta memang memiliki begitu banyak potensi wisata yang dapat Anda temukan. Bahkan hampir masing – masing kota yang ada di Yogyakarta juga memiliki banyak sekali potensi wisata, termasuk di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta.

Hanya saja tak banyak orang yang tahu tentang Gunung Kidul. Kebanyakan orang tahu bahwa Gunung Kidul itu merupakan kawasan yang kaya akan wisata pantai. Akan tetapi sebenarnya Gunung Kidul sendiri tak hanya memiliki banyak potensi wisata pantai karena Gunung Kidul juga memiki banyak sekali wisata selain wisata pantai yang dapat Anda temukan.

Lalu, kira-kira apa saja tempat wisata di Gunung Kidul selain pantai yang dapat Anda temukan? Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Nando Rifky.

1. Wisata Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul – Pict by www.vasiota.com

Alam wisata Gunung Kidul memang sangat khas dan indah. Tak hanya wisata pantai saja yang dapat Anda temukan akan tetapi di Gunung Kidul Anda juga akan bisa menemukan sebuah wisata goa yang diberi nama wisata Goa Pindul.

Goa Pindul memang menjadi sebuah wisata alam yang sangat menggoda. Goa Pindul juga merupakan sebuah tempat wisata yang belakangan ini menjadi salah satu hal yang paling terkenal di Gunung Kidul. Dan dulunya tempat wisata ini mungkin juga masih dianggap sebelah mata. Selain tempatnya yang konon memiliki banyak aura mistis, keberadaan goa ini juga dulunya tidak begitu diketahui orang. Dan kini saat kita berkendara menuju pantai di Gunung Kidul nantinya kita akan dengan mudah berjumpa dengan banyak jasa guide di sepanjang jalan. Anda bisa menyewa guide atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan paket jasa yang Anda pilih.

2. Wisata Goa Jomblang

Goa Jomblanh
Goa Jomblang – Pict by alodiatour.com

Tak hanya Goa Pindul saja yang dimiliki oleh kawasan Gunung Kidul. Tetapi Gunung Kidul juga punya wisata Goa Jomblang. Goa ini merupakan sebuah goa vertikal sehingga juga butuh tantangan tersendiri jika Anda ingin caving disini.

Yang menjadi sebuah daya tarik utama goa adalah lokasi sungai bawah tanah serta sebuah lubang besar yang memancarkan sinar yang begitu indah. Terdapat juga terowongan besar dengan panjang 300 meter dimana trowongan ini akan membawa kita ke goa berikutnya yaitu Goa Grubug. Disini pengalaman menarik akan Anda rasakan.

3. Wisata Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
Air Terjun Sri Gethuk – Pict by hargatiket.net

Ada sebuah wisata terindah yang ada di Gunung Kidul. Namanya adalah wisata Air Terjun Sri Gethuk. Wisata yang satu ini memiliki tebing yang kokoh dan tinggi menjulang. Air yang jatuh melewati batuan menuju Sungai Oya dimana Sungai Oya ini memang terkenal dengan airnya yang sangat jernih dan menyegarkan. Disini suasana alam yang memang tak ada duanya akan Anda temukan.

4. Wisata Bukit Bintang

bukit bintanh jogja
Wisata Bukit Bintang Jogja – Pict by alodiatour.com

Sebagai akses wisata jalan-jalan di Gunung Kidul malam hari, datang saja ke Bukit Bintang. Lokasinya berada di Jalan Jogja – Wonosari. Kurang lebih lokasinya berada di sekitar 15 km dari Jogja. Dan ketika malam hari tempat ini akan menyajikan kepada Anda sebuah lautan gemerlap lampu kota Jogja. Sembari menyaksikan indahnya pemandangan di depan mata Anda bisa menikmati kopi atau teh hangat di warung yang memang sengaja dibangun diatas tebing. Bersantai malam disini adalah kegiatan yang tentu saja sangat menyenangkan dilakukan. Bukit Bintang menjadi salah satu tempat wisata yang cukup romantis di Yogyakarta.

Itulah sedikit informasinya untuk Anda tentang tempat wisata di Gunung Kidul selain pantai. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA