by

Cara Download Lagu MP3 Gratis di Internet

KOPI, Jakarta – Seiring pesatnya perkembangan zaman, memutar musik untuk hiburan keluarga bisa dilakukan dengan sekali klik via gadget kesayangan. Padahal, dulu lagu hanya bisa diputar malalui tape atau walkman. Jika sedang mencari cara praktis mengunduh mp3, sebaiknya ketahui cara download lagu mp3 gratis di bawah ini.

Bagaimana Cara Download Lagu MP3 Gratis?

Download Lagu Mp3 Gratis

Internet memudahkan kita mencari segalanya, termasuk mencari dan mendownload lagu mp3. Betapa tidak, hanya dengan mengetikkan nama lagu atau penyanyi, beberapa menit kemudian pengguna bisa langsung memiliki lagunya dalam bentuk file mp3. Bisa dikatakan prosesnya sangat cepat dan praktis.

Anda bisa menikmati kemudahan aksesnya meskipun baru pertama kali download lagu. Apalagi ada cara cepat menemukan lagu kesayangan yakni mengandalkan bagian Search yang ada di bagian atas web. Pengguna pun dapat melihat lagu apa saja yang telah didownload.

Selain itu, mengunduh lagu di internet tidak membutuhkan waktu lama. Tentu saja ini berbanding lurus dengan jaringan internet. Makin cepat koneksi yang Anda punya, semakin lancar juga proses pengunduhan mp3 tersebut. Oleh karena itu, pastikan kuota atau wifi memiliki sinyal kuat.

1. Cari Situs

Hal pertama yang bisa dilakukan jika ingin mengunduh lagu yaitu mencari situs terpecaya. Jika salah memilih, mungkin Anda akan menemui banyak kesulitan. Selain metodenya berbelit-belit, terkadang lagunya pun tidak update. Ini akan membuat pecinta musik kecewa. Oleh karena itu, pilihlah website terpecaya.

Sebenarnya ada banyak website download mp3 di Indonesia. Web untuk download lagu bisa dengan mudah ditemukan di dunia maya. Anda bisa mengetikkan kata kunci tersebut di halaman pencarian dan seketika web akan segera muncul.

2. Cari Lagu

Langkah selanjutnya yaitu memilih lagu. Di website tersebut ada banyak pilihan lagu mulai dari lagu Indonesia hingga Kpop. Anda bisa menyesuaikannya sesuai selera. Ada cara cepat mencari artis favorit yaitu mengetikkan nama di bagian Search. Saat mencari, sebaiknya jangan sampai salah satu huruf pun.

Jika kebingungan mencari lagu-lagu untuk menemani berkendara, sebaiknya gunakan Menu Cepat. Ada 4 pilihan ditawarkan yakni Indonesia Terbaru, Lagu Dangdut, Barat dan Kpop. Adanya banyak mp3 ini memanjakan para pengunjung website yang berasal dari berbagai kalangan.

3. Download

Setelah memilih lagu yang diinginkan, segeralah klik tombol Download dengan ikon panah ke bawah. Di website tersebut tanda bisa dilihat setelah Anda memilih lagu atau penyanyinya. Setelah itu, Anda akan beralih ke halaman proses pendownloadan.

Lalu, klik lagi Download Mp3 yang tertera pada halaman berikutnya. Tak lama kemudian akan muncul halaman terakhir yang berisikan 2 pilihan, yakni download mp3 atau download video. Pilihlah menu download MP3 jika menginginkan lagu dalam bentuk mp3. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa saat, jadi bersabarlah.

4. Cek Hasil Download

Untuk mengeceknya, biasanya akan ada notifikasi yang dikirimkan secara otomatis. Pemberitahuan tersebut biasanya terlihat di menu hp pengguna. Apabila tidak muncul, Anda dapat memeriksa di bagian download pada mesin pencarian yang digunakan.

Semisal jika menggunakan Chrome, periksalah bagian kanan atas bertanda titik 3 dan klik menu download. Di sana akan terlihat jelas apakah lagu telah berhasil didownload apa belum. Pengunduhan yang belum sempurna ditandai dengan masih berjalannya proses download dalam bentuk prosentase.

5. Putar Lagu

Nah, kini Anda tahu cara download lagu mp3 gratis di internet. Untuk memutarnya, pengguna bisa menggunakan pemutar musik kesayangan. Caranya terbilang sangat mudah. Begitu proses unduhan selesai, klik pada mp3 tersebut dan sedetik kemudian melodi indah pun segera terdengar.

Apabila tidak muncul di toolbar, cek bagian download. Pastikan memutar file mp3 yang baru saja didownload sebab ada banyak file terunduh di sana. Memutar lagu usai didownload ini penting sebab bisa saja lagu tersebut tidak terunduh dengan sempurna.

Tips Mudah agar Berhasil Download Lagu

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat mendownload lagu. Terkadang, ada orang yang belum berhasil padahal merasa sudah melakukan panduan di atas. Untuk mengantisipasi kegagalan, sebaiknya Anda membaca tips di bawah ini.

1. Koneksi Internet

Saat download menggunakan laptop maupun gadget, hal utama yang perlu diperhatikan ialah memastikan bahwa koneksinya baik. Hal ini sangat berpengaruh pada hasilnya. Jika sinyal rendah, terkadang proses pengunduhan lambat atau bahkan terputus sehingga pengguna harus mengulangnya.

Jika menggunakan hp, pastikan Anda sudah memiliki kuota atau tersambungkan wifi bersinyal baik. Dengan demikian, proses pengunduhan bisa dilakukan secara sempurna. Apabila ternyata koneksi kurang baik, ulangi lagi beberapa saat setelah sinyalnya cukup stabil.

2. Halaman Error

Jika koneksi sudah bagus namun Anda mendapati halaman blank space atau eror, mungkin website sedang mengalami perbaikan. Selain itu, hal ini mungkin disebabkan oleh tingginya trafik website sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Jika eror, maka Anda hanya perlu menunggu selama beberapa saat dan mencoba lagi. Ini hal yang tidak terprediksi. Namun, jika mengalami hal ini jangan kecewa. Anda bisa mengulanginya di lain waktu. Adanya kendala ini wajar apalagi jika suatu website sangat terkenal.

Sebelum mempraktikkan cara download lagu, pastikan memori mencukupi sehingga lagu bisa didownload secara sempurna. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya hapus aplikasi tidak penting sebelum mendownload. Dengan demikian, pengunduhan bisa dilakukan dengan cepat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA