by

Artikel Pilar, Pengertian dan Ciri-cirinya

KOPI, Surabaya – Pernahkah Anda mendengar mengenai artikel pilar? Berikut ini kami kumpulkan data mengenai konten pilar dari beberapa sumber.

Apa itu konten pilar? Bagaimana ciri-cirinya? Kenapa konten pilar menjadi sangat penting? dan bagaimana cara membuat konten pilar? Semua akan dibahas pada tulisan kami ini. Yuk simak!

Apa itu artikel pilar?

Konten pilar adalah artikel utama pada situs web kita, merupakan artikel yang berkualitas, terstruktur, memiliki panjang minimal 2000 kata, dan mempunyai penjelasan mendalam. Di beberapa platform website, konten pilar sering disebut juga Cornerstone Content.

Konten adalah raja (content is king), karena itu sangat penting untuk membuat konten pilar sebanyak mungkin sesuai dengan kemampuan kamu. Konten juga merupakan generator trafik yang paling ampuh, jika web kamu berisi konten yang berkualitas, sudah pasti akan banyak pembaca yang berkunjung ke situs kamu.

Bayangkan jika situs website kamu memiliki banyak konten pilar, pastinya pengunjung situs kamu juga akan meningkat.

Lanjutkan membaca tulisan ini agar kamu lebih memahaminya.

Ciri-ciri Artikel Pilar

Silahkan kamu pahami beberapa ciri-ciri dari konten pilar:

  1. Merupakan konten utama pada website kita.
  2. Memiliki pembahasan yang mendalam dan panjang.
  3. Memiliki panjang kata antara 1000 sampai dengan 2000 kata.
  4. Pembaca mendapatkan manfaat saat membaca konten ini.
  5. Mendatangkan banyak trafik dari mesin pencari.
  6. Bukan hasil copas atau spin (artikel original dan unik).
  7. Dilengkapi dengan data-data pendukung.
  8. Lifetime atau tidak terbatas dengan waktu.
  9. Banyak dijadikan referensi oleh web lain.

Kenapa Artikel Pilar Penting?

  1. Memberikan trafik jangka panjang bagi situs website kita.

Memang untuk membuat 1 konten pilar membutuhkan waktu yang panjang, namun effort yang kita keluarkan akan sebanding dengan hasil yang didapatkan..

Pada umumnya konten pilar tidak memiliki jangka waktu karena tetap relevan jika dibaca dimasa yang akan datang. Hal ini akan sangat menguntungkan.

Konten pilar juga membuat website kita terkesan memiliki keahlian dalam bidang yang sedang dibahas, sehingga mesin pencari akan memberikna posisi yang bagus pada situs kita, umunya mendapatkan peringkat satu.

  1. Meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap website kita (kredibilitas website).

Jika website kita sudah dinilai merupakan situs yang kredibel untuk membahas suatu topik, pembaca akan enggan untuk pindah ke lain hati. Para pembaca akan berunjung lagi ke situs website kamu.

  1. Membuat kita lebih memahami terhadap topik yang sedang ditulis.

Bagi para penulis konten, jika mereka sudah sering membuat konten pilar lengkap dengan menyajikan data-data pendukungnya, secara tidak langsung akan membuat kita ahli dalam satu topik karena melatih diri sendiri untuk banyak membaca referensi dari berbagai sumber.

Bagaimana cara membuat artikel pilar?

  1. Tentukan dulu apa topik yang akan kita bahas, buat kerangka tulisan mengenai topik tersebut. Silahkan gunakan pertanyaan apa, kapan, bagaimana, siapa, dimana, dan kenapa. Pertanyaan tadi berfungsi untuk menggali pemikiran kita agar tidak buntu saat menulis nantinya.
  2. Kumpulkan semua data dan referensi mengenai topik yang akan kita bahass sebanyak-banyaknya. Semakin banyak makan akan semakin mempermudah kita dalam menulis artikel pilar.
  3. Buatlah tulisan dengan panjang minimal 1000 kata, jika memungkinkan buatlah minimal 2000 kata. Cuma terkadang bingung juga mau menulis apa lagi, hehehe.
  4. Buatlah judul yang menarik. Pelajari cara membuat judul artikel dari referensi website yang ada di halaman mesin mesin pencari.
  5. Buatlah artikel yang memberikan manfaat bagi pembaca, setidaknya artikel yang kamu tulis dapat menjawab permasalahan yang ada pada pembaca.
  6. Tambahkan data berupa infografik, gambar, atau video.
  7. Berikan struktur link yang baik pada konten pilar ini, biasa 1 konten pilar akan di dukung oleh banyak konten pedukung.
  8. Atur penyebaran keyword agar merata terutama pada judul dan deskripsi.
  9. Gunakan struktur tulisan yang bagus, coba pelajari mengenai H1, H2, dan H3.
  10. Terakhir, jangan lupa buatlah konten pendukung untuk menopang dan memperkuat konten pilarmu. Pelajari struktur artikel pada website-website penyedia layanan jasa penulis artikel.

Masih bingung?

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam membuat konten pilar. Serahkan saja urusan membuat konten pilar ini kepada jasa penulis artikel Surabaya dan penyedia jasa penulis artikel lainnya.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA