by

5 Tips Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Salah Beli Mobil

KOPI, Jakarta – Ingin mempunyai mobil tapi hanya memiliki budget terbatas, maka cara alternatifnya ialah membeli unit mobil bekas berkualitas. Namun, ada beberapa panduan, tips dan cara memilih mobil bekas yang berkualitas harga 50 jutaan, di bawah 100 juta untuk pemula yang harus dipelajari.

Diketahui tidak semua orang menjual mobil miliknya bukan karena kondisi mobil sudah tidak bagus, melainkan ada yang jual dikarenakan sudah bosan dengan model mobil jadul. Jadi meski menyandang status mobil second tapi soal kualitas mendekati seperti layaknya mobil baru pada umumnya.

Maka dari itu ketika memutuskan ingin beli mobil bekas berkualitas, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan dan teliti dalam memilih mobil bekas murah yang ditawarkan.

Tips Memilih Mobil Bekas Murah dan Berkualitas

tips memilih mobil bekas murah untuk anda (foto: pexels.com)

Bila Anda tidak teliti dalam memilih mobil bekas di bawah 100 juta, maka bisa Anda tertipu. Siapa yang tahu bukan?

Oleh karena itu, panduan dan cara memilih mobil bekas untuk pemula ini kamu buat agar Anda tidak salah memilih mobil bekas matic yang berkualitas harga 100 jutaan untuk keluarga berikut ini:

1. Membuat Daftar Merk Mobil Bekas yang Dibidik

Sebelum membeli mobil bekas di pasaran, disarankan Anda terlebih dahulu membuat daftar merk mobil bekas yang Anda buru.

Di beberapa kota besar di Indonesia, sedan city car seperti Toyota Camry, Toyota Calya, Toyota Yaris, Toyota Rush, Toyota Avanza, Honda Accord dan Toyota Etios Valco menjadi mobil bekas murah yang banyak diburu.

Dari semua daftar merk mobil bekas di atas, beberapa diantaranya masuk ke dalam kategori merek mobil LCGC terbaik di Indonesia dengan harga cukup tinggi.

Oleh karena itu, kami sarankan pilihlah dua atau tiga mobil yang memang memenuhi kebutuhan Anda dan jangan sampai lupa untuk catat juga ulasan anggaran, kelebihan dan kekurangannya.

2. Cari Lokasi Penjual Mobil Terdekat dengan Lokasi Anda

Karena yang mau dibeli adalah mobil bekas berkualitas, tentu saja mobil yang dicari sudah dipakai pemiliknya ke berbagai tempat.

Untuk mencari mobil bekas yang berkualitas, Anda perlu teliti dalam menyaring target mobil dari jarak jauh yang sudah pernah dilalui, harga, fitur, kelebihan, kekurangan dan jarak mobil tersebut dekat dengan bengkel atau dealer.

Tapi, karena dengan kemudahan teknologi di jaman sekarang ini tentu saja Anda bisa mencari mobil bekas situs jual beli mobil dan marketplace otomotif terbesar yaitu seva mobil bekas Jakarta.

3. Memiliki Catatan Service Mobil yang Lengkap

Kelengkapan dalam catatan servis kendaraan memang perlu ditanyakan, agar mengetahui mobil lawas tersebut di servis secara rutin atau tidak serta di bengkel rekomendasi yang mana mereka membawanya untuk di servis.

Diketahui service record secara rutin dan terawat, tentu akan memiliki kondisi yang selalu tampil prima. Dan menandakan pemilik itu begitu teliti dalam merawat mobil idaman.

Alangkah baiknya anda beli mobil bekas yang selalu servis di bengkel resmi, ini untuk memastikan keaslian spedometer mobil incaran Anda.

4. Waspada Harga Mobil Terlalu Murah

Ada pepatah mengatakan ‘harga menentukan rupa’, ini bukan berarti anda tidak bisa memilih mobil bekas idaman yang berkualitas tapi memiliki banderol harga relatif terjangkau.

Namun anda harus jeli dalam memeriksa kondisi mobil apabila ditawarkan dengan harga terlalu murah dari pasaran.

Sebab banyak pula oknum penjual mobil yang mempermak mobil bekas kecelakaan atau bekas banjir agar tampil menarik lagi,serta dibanderol harga murah sekali.

5. Memeriksa Eksterior dan Interior Mobil

Selalu upayakan memeriksa bagian mulai interior hingga eksterior, pastikan semua kondisinya bagus dan berfungsi dengan baik. Seperti contoh fungsi AC, switch lampu, sistem audio dan lain sebagainya.

Cara memilih mobil bekas berkualitas yang bagus dan murah dibutuhkan ketelitian jangan sampai anda terburu-buru, upayakan tetap tenang dalam memeriksa seluruh komponen atau kondisi mobil pilihan.

Perlu anda ingat bahwa membeli mobil pasti anda sebelumnya sudah menghitung pengeluaran baik itu servis atau spare part bila ada kerusakan.

Jangan sampai anda merugi, untuk itu perlunya membeli mobil di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Jadilah smart buyer yang cermat sebelum melakukan transaksi akhir alias deal tinggal bayar dan bawa pulang mobil pilihan anda.(*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA