by

3 Cara untuk Meningkatkan Social Media Marketing Engagement

KOPI, Jakarta – Media sosial mulai mengambil takhta yang sah di ranah pemasaran online secara perlahan namun pasti.  Banyak orang yang terlibat dalam dunia pemasar digital saat ini beranggapan bahwa social media merupakan salah satu katalis utama untuk pertumbuhan dan perkembangan brand. Apabila dilakukan dilakukan dengan benar, efek domino dapat menciptakan gelombang positif bagi banyak bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan konversi – berujung pada kesuksesan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterlibatan dalam pemasaran media sosial demi pertumbuhan dan kesuksesan binis.

1. Berbicaralah mengenai topik lain yang berkaitan dengan Anda (Jangan verbicara semata tentang brand Anda)

Jangan menjadi egois dengan memusatkan pembicaraan Anda hanya pada brand Anda. Pikirkan juga dengan situasi di mana Anda berada, dengan siapa Anda berbicara, dan topik apa yang sedang ada bicarakan. Ketika Anda bertemu dengan orang baru, Anda harus menunjukan tutur kata yang baik dan bijak agar terjalin koneksi yang baik pula. Membuat content yang relevan dan mempublikasikannya di pelbagai jenis platform media sosial. Hal ini membantu orang lain untuk mengenal dan mengetahui apa dan siapa Anda. Bergabung dalam beberapa group yang relevan dengan bisnis Anda juga sangat membantu untuk meningkatkan engagement.

Ingat: Hanya mempromosikan brand Anda sendiri akan menciptakan kesan buruk. Grup dan forum itu dibuat bukan hanya untuk membicarakan diri Anda. Berbicara tentang tren atau perkembangan terkini dalam industri atau bidang yang relevan dengan brand Anda akan memberi kesan dan nilai yang baik bagi anggota grup lainnya. Jangan menjadi merek besar yang hanya berbicara tentang diri mereka sendiri. Bicara tentang topik Anda juga!

2. Bergabung dengan Sesi Tanya Jawab

Membagikan informasi yang berguna dan menjawab pertanyaan adalah Teknik yang efektif untuk menarik perhatian. Ketika Anda memberi jawaban yang bermutu sesuai dengan apa yang dibutuhkan, orang akan memberi apresiasi dan kemungkinan besar akan selalu mengikuti perkembangan terbaru. Bergabung dengan sesi tanya jawab adalah cara yang bagus untuk memberikan nilai kepada pengguna dan membuat Anda dilihat sebagai merek yang bermanfaat. Memiliki tim khusus yang berdedikasi untuk memberi respon terhadapa komentar dan pertanyaan orang-orang di media sosial adalah langkah yang tepat untuk diambil.

Apabila konten (jawaban dan respon) yang Anda berikan tidak memiliki nilai dan manfaat bagi pelanggan, mungkin karena Anda publikasikannya dengan terburu-buru, akan cenderung merusak reputasi dan citra brand Anda sendiri. Tim social media marketing Algo sea Biz menyarankan Anda untuk menyelesaikan penelitian untuk pertanyaan yang paling umum diajukan di daerah Anda untuk membuat sampel jawaban yang dapat dengan mudah dipersonalisasi dan dipublikasikan untuk memberikan tanggapan cepat, tepat dan relevan.

3. Membagikan Konten Orang Lain Yang Menarik, Bermanfaat dan Relevan

Apabila orang lain dapat memberikan jawaban atau respon yang lebih baik atas sebuah pertanyaan, Anda harus manfaatkan konten mereka. Anda perlu membagikan konten-konten yang bermanfaat. Perlu diketahui bahwa audiens tidak akan mempertanyakan apakah konten tersebut miliki Anda atau orang lain selama Anda sertakan nama atau identitas pemilik. Audiens akan berpikir dan merasa bahwa Anda perduli kepada mereka. Berikanlah apa yang bisa menginspirasikan mereka, apa yang bisa menghibur mereka dan yang paling utama adalah apa yang bisa menjawabi kebutuhan mereka. Membagikan konten yang beragam namun tetap relevan dari kontributor yang berbeda, akan membuat pelanggan tetap tertarik. Terkadang mendengar orang yang sama membicarakan hal yang sama, hari demi hari bisa menjadi sedikit membosankan. Oleh karena itu, membagikan konten adalah pilihan tepat.

Itulah 3 tips sederhana yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan. Mempromosikan brand Anda melalui media sosial adalah hal yang sangat krusial yang harus Anda pertimbangkan. Kunci kesuksesan dalam pemasaran media sosial adalah tingkat keterlibatan (engagement).

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA