by

Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

KOPI, Jakarta – Saat ini mobil bekas menjadi idaman bagi pecinta otomotif tatkala mempunyai budget yang pas-pasan. Mereka ingin memiliki kendaraan yang keren hanya dengan modal yang minim. Hal itulah mengapa saat ini mobil bekas menjadi primadona.

Akan tetapi, tidak semua orang menjual mobil bekas hanya karena kondisinya yang sudah tak baik lagi. Ada juga yang sedang butuh uang guna mencukupi sesuatu yang sewajibnya harus tercukupi.

Tapi tahukah kalian, bahwa memilih mobil bekas itu seperti memilih kucing dalm karung. Jika kalian tidak mengetahui seluk beluk kendaraan mulai dari mesin, suspensi hingga kampas rem. Kalian hanya akan tertipu dengan mobil bekas yang tak layak pakai.

Daripada kalian hanya akan tertipu, sebaiknya simak tips membeli di seva mobil bekas yang bisa kalian coba.

Waspada Mobil Harga Miring

Ada pepatah mengatakan “ada rupa ada harga”. Ya, itu berlaku bagi mobil bekas yang sebelum kalian beli. Bukan berarti kalian tidak menemukan mobil bekas yang berkualitas dengan harga murah. Kalian harusnya lebih berhati – hati dengan harga mobil bekas yang terlalu murah. Bisa jadi ada sesuatu yang bermasalah atau entah apa itu.

Ajak Orang yang Paham Kendaraan

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan sebelum membeli mobil bekas adalah mengajak orang yang paham tentang kendaraan. Misalnya, ajak teman, saudara, gebetan, kang bengkel, atau tetangga. Jika kalian tidak tau kampas rem sebaiknya sebelum membeli mobil bekas sebaiknya ajak orang yang lebih paham. Hal ini untuk menghindarkan kalian dari orang resek yang ingin menipu.

Periksa Aksesoris dan Interior

Itulah untungnya jika kalian mengajak orang yang paham tentang mobil bekas. Hal pertama yang mesti teman kalian lakukan adalah cek aksesoris dan interior mobil terlebih dahulu. Mulai dari AC, sistem audio hingga switch lampu. Pastikan fitur ini bekerja dengan baik. Cek juga sabuk pengaman apakah masih kencang atau tidak.

Jangan lupa cek interior mobilnya, mulai dari jok depan dan jok belakang. Coba duduki joknya, kalau masih empuk dan nyaman berarti joknya masih mantap. Cek juga karpet dan plafonnya. Kalau masih dalam kondisi bersih dan tidak berbau berarti kondisi interiornya bagus.

Cek Body Mobil

Setelah memeriksa kondisi aksesoris dan interiornya, saatnya cek body mobilnya. Pastikan bagian kap mesin, pintu, spion hingga kaca masih dalam kondisi bagus dan cek juga orisinil atau tidak. Perhatikan juga bagaimana kondisi cat mobilnya.

Cek Kondisi Mesin

Setelah selesai memeriksa interior hingga body mobil. Jangan lupa untuk cek kondisi mesinnya juga. Caranya dengan starter mobilnya, jika mudah distarter berarti kondisi mesin cukup bagus. Pastikan juga suara mesin tidak kasar dan cek juga apakah ada kebocoran mesin atau tidak.

Cek Kelengkapan Dokumen

Hal terakhir yang paling penting adalah cek kelengkapan dokumen kendaraan. Mulai dari STNK, BPKB hingga faktur. Jangan lupa cocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil. Pastikan fisik mobil sudah sesuai dengan surat-suratnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum membeli mobil bekas. Sebaiknya dalam membeli mobil bekas kalian harus sangat teliti saat mengecek kondisinya. Pastikan semua dalam keadaan baik dan juga dokumennya lengkap.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA