by

Terkait Bantuan Akibat Corona, Ini Tanggapan Ketua MPR RI

KOPI, Jakarta– Dalam pandangan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang dilansir dalam salah satu laman sosmed pribadinya di Jakarta pada Senin, 6/4/2020 maka perlu diperluasnya jangkauan pemberian bantuan ekonomi dari Pemerintah kepada masyarakat terkait pandemi Covid-19, respon atau tanggapan Ketua MPR RI adalah sebagai berikut:

A. Mendorong Pemerintah, agar selain mengeluarkan dua paket stimulus ekonomi untuk membantu warga kelas menengah bawah yang dinilai paling terdampak kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19, juga memperhatikan kebutuhan ekonomi masyarakat di luar kelompok tersebut yang juga terdampak signifikan oleh adanya wabah Covid-19.

B. Mendorong Pemerintah untuk juga mempertimbangkan pemberian keringanan biaya kepada pelanggan listrik 1300VA, dikarenakan tidak sedikit masyarakat yang menggunakan golongan listrik tersebut yang merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM.

C. Mendorong Pemerintah selalu berkomitmen untuk memperhatikan kebutuhan ekonomi masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah, serta keberlangsungan usaha masyarakat, seperti UMKM dengan memberikan kebijakan yang dapat diterapkan secara optimal, efisien, dan realistis.

D. Mendorong Pemerintah agar dapat mempertimbangkan penurunan harga Bahan Bakar Minyak/BBM, agar biaya hidup masyarakat dapat berkurang dari pengeluaran BBM, terutama bagi masyarakat menengah ke bawah, mengingat harga minyak dunia saat ini turun.

E. Mendorong Pemerintah agar dapat memberikan keringanan pajak di sejumlah sektor yang terdampak wabah Covid-19, seperti di sektor transportasi, pariwisata, manufaktur, dan juga ritel.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA