by

Ulasan Lengkap Pigura 10R Surabaya

Untuk memajang foto, memang perlu menyesuaikan dengan ukuran pigura yang akan digunakan. Seperti di jenis pigura 10R. Umumnya disebut sama dengan kertas A4 yaitu memiliki panjang 25,4 serta lebar 30,5 centimeter. Namun, kebanyakan orang lebih memilih pigura 10R Surabaya yang dinilai lebih bagus.

Kriteria Pigura 10R

Seperti munculnya beragam desain pigura, begitu pun bingkai foto berukuran 10R terdiri dari ukuran yang bermacam-macam. Anda bisa memilih bergantung dari kebutuhan dan selera. Namun, pahami dahulu bagaimana kriterianya seperti di bawah ini:

1. 10R Tepi

Ciri pertama pigura 10R yaitu berukuran setara dengan A4, tetapi memiliki bagian tepi kira-kira dengan lebar 2 sentimeter. Anda bisa menjumpai dengan mudah pada jenis bingkai yang terbuat dari kayu atau plastik dan didesain begitu simpel. Namun beberapa jenis pigura ukiran rumit juga dilengkapi tepian kecil.

Adanya bagian tepi ini untuk memberi kesan agar tidak terlihat besar, serta membuat arah pandangan mata lebih terarah ke dalam objek foto yang dipajang di dalamnya. Anda juga tidak perlu khawatir bila bagian pinggir ini akan membuat tampilan foto terpotong, karena tidak berpengaruh secara langsung.

2. 10R Full

Selanjutnya, Anda juga bisa menjumpai pigura berukuran 10R namun memberi kesan luas dan pipih. Ini dikarenakan, frame tidak diberi bagian tepi. Dalam artian, seluruhnya diisi menggunakan foto. Sehingga hasil yang nampak akan memperlihatkan foto seutuhnya.

Namun bila Anda memilih jenis pigura 10R seperti ini, maka sebaiknya tidak diletakkan di dinding polos dan kosong. Sebab, nantinya akan memberi kesan sepi dan datar. Dan lebih baik digunakan untuk memajang di atas meja atau tembok bercorak ramai, agar terlihat saling melengkapi.

3. Ukuran Inci

Selain satuan R dan A yang digunakan kalangan penjual dan pecinta pigura, biasanya Anda bisa menyebutkan dalam sebutan inci. Untuk ukuran 10R, yaitu dikonversikan dengan 10 x 12 inci. Satuan ini sering digunakan saat alat ukur pigura tidak lagi menggunakan penggaris atau meteran dalam cm.

Cara Membuat Kreasi Pigura 10R

Pigura-10R-Surabaya

Saat ini pigura memang tidak selalu digunakan untuk memajang foto dari jasa foto Surabaya saja, namun juga bisa dijadikan wadah pengaplikasian kreatifitas, seperti hiasan-hiasan agar mempercantik tampilan bingkai. Jika Anda menginginkan hal semacam itu, berikut beberapa ulasan cara membuatnya:

1. Pilih Pigura

Langkah pertama untuk membuat hiasan-hiasan yang akan Anda tuangkan yaitu, memilih jenis pigura terlebih dahulu. Jika ingin merombak seluruh tampilan, maka lebih baik pilih bingkai foto sesimpel mungkin seperti koleksi di pigura 10R Surabaya ini.

Namun, saat ini model bingkai sangat beragam mulai dari paling simpel hingga terunik. Jadi, Anda harus menyesuaikan ingin menciptakan kreasi seperti apa. Tidak ada salahnya menggunakan desain ramai bila ingin dikombinasikan dengan hiasan-hiasan serupa.

2. Tentukan Konsep

Memang erat sekali kaitannya jika ingin membuat sebuah kreasi, tentunya harus memiliki ide atau konsep sebagai gambaran awal agar hasilnya sesuai keinginan. Mulai dari kerangka foto atau karya apa saja yang ingin dipajang di dalam pigura, seperti nuansa alam, aktivitas manusia atau benda-benda unik.

Bisa juga memikirkan konsep mengenai hiasan pigura agar serasi dengan foto yang dipajang. Seperti, menggunakan potongan ranting-ranting pohon yang disusun mengitari seluruh bagian tepi pigura, atau menggunakan anyaman jerami untuk menutupi pinggiran bingkai foto.

3. Pelaksanaan

Setelah mengantongi satu konsep yang akan Anda tuangkan untuk menghias pigura, selanjutnya saatnya membuat kreasi menjadi nyata. Lengkapi seluruh bahan yang diperlukan, seperti alat-alat gunting, pensil, lem, serta lainnya.

Jika sudah siap semua, mulailah dengan memasang foto ke dalam pigura terlebih dahulu baru menghiasnya. Sebab saat foto dipasang, akan lebih memudahkan proses pembuatan hiasan karena ikut disesuaikan dengan karya di tengahnya, sehingga lebih nampak serasi.

Material Pilihan untuk Pigura 10R Surabaya

Karena adanya ragam bentuk pigura, hal yang membedakan daya tariknya tidak hanya berdasarkan keunikan desain dan kegunaannya saja. Tetapi, juga dipengaruhi dari segi material yang digunakan untuk membentuknya. Seperti contoh:

1. Pigura Kayu Murni

Bahan baku yang sangat sering Anda jumpai untuk segala furnitur mungkin kayu murni. Seperti halnya pembuatan pigura, dari zaman tradisional hingga modern, jenis bahan ini masih eksis dan dipilih, karena pengolahannya yang mudah melalui proses apapun.

Seperti disegel, dilumuri, atau juga diberi warna menggunakan cat apapun. Walaupun terbujur kaku, kayu ternyata mudah dibentuk melalui jalan pemotongan, ukiran, pahat, dan sebagainya untuk mempercantik tampilan pigura. Konon katanya bisa awet hingga tahunan.

2. Pigura Kayu Fabrikasi

Sekilas bahan kayu fabrikasi nampak sama dengan jenis material sebelumnya, namun ternyata langkah ini sudah dikuatkan dengan bantuan teknologi. Jadi, bahan tersebut terbentuk dari beberapa jenis kayu yang kemudian disatukan.

Biasanya dimanfaatkan untuk pigura ringan dan kekinian yang membutuhkan sentuhan banyak warna, karena sangat mudah diwarnai namun kurang tepat bila dipelitur pada bagian permukaan. Meski begitu kualitas kayu ini sudah tidak diragukan lagi.

3. Pigura Laminasi

Jenis material berikutnya yang juga banyak didapati di pigura yaitu laminasi. Dimana, gabungan dari lempengan kayu-kayu yang disatukan menggunakan bantuan lem. Terkadang, untuk membuat rekatan lem semakin kuat ditambahkan kertas tipis di tengah-tengahnya.

Keunggulan bahan dalam penyusunan pigura ini cocok dipasang di rumah atau ruangan yang berada di dataran atau curah hujan tinggi. Karena memiliki daya tahan air yang bagus. Selain itu, juga cara membersihkan permukaannya cukup dengan menggunakan kemoceng saja.

4. Pigura Logam Baja

Material berikutnya yaitu logam baja yang dipilih karena kekuatannya yang tidak tertandingi oleh bahan apapun. Namun sekali bahan ini peyok maka sulit untuk dikembalikan seperti semula. Meski bisa tetapi akan terlihat ada lekukan.

Namun bahan logam baja tidak akan mudah peyok jika hanya terjatuh, kecuali dari ketinggian atau tebentur dengan suatu benda yang lebih kuat. Selebihnya, perawatan dan kreasi logam baja sangat banyak, mulai dari pewarnaan jenis apapun dan membentuk sesuai keinginan.

5. Pigura Fiberglass

Material fiberglass cenderung dipilih untuk membuat pigura, karena memiliki massa yang sangat ringan seperti memegang kayu tipis. Selain itu, ciri khas dari bahan ini yaitu memperlihatkan serat kambium dengan warna mengkilap sehingga terlihat selalu bersih.

Pigura dengan material ini cocok dipasang bagi Anda pecinta suasana minimalis dan modern, serta yang tidak menyukai keribetan. Sebab perawatannya sangat mudah, debu yang menempel hanya perlu dibersihkan dengan kain lap basah yang bersih kemudian dikeringkan menggunakan tisu.

Kualitas sebuah pigura juga bergantung dari jenis material yang digunakan untuk menyusunnya. Untuk mempercantik tampilan, Anda bisa menambahkan hiasan dari kreasi sendiri dengan dipadukan koleksi dari pigura 10R Surabaya dengan model apapun sesuai keinginan.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA