by

Penutupan TMMD 107 Kodim 0912/Kutai Barat Digelar Secara Sederhana

KOPI, Kutai Barat – Untuk pertama kalinya terjadi, acara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), digelar di ruang Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat (Kubar) lantai III, Jl. Komplek Perkantoran Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (14/4/2020).

Lazimnya, upacara penutupan selalu dilaksanakan di lapangan dan dimeriahkan dengan atraksi hiburan. Namun, TMMD 107 Tahun 2020 sangat berbeda. Dikarenakan mewabahnya virus Covid-19 atau Corona, penutupan TMMD 107 Kodim 0912/Kutai Barat dilaksanakan sederhana di ruang rapat kantor Bupati Kubar.

Sebelum memasuki ruangan semua yang hadir diwajibkan mengikuti prosedur pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian hand sanitizer. Ini merupakan bentuk antisipasi pencegahan virus Covid-19 atau Corona. Selama acara ini juga diwajibkan untuk menjaga jarak dengan sesama warga.

Kegiatan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara dan penyerahan Hasil Pelaksanaan TMMD ke-107 Kodim 0912/Kubar TA 2020 dari Dandim 0912/Kutai Barat, Letkol Inf Anang Sopyan Effendi, kepada Bupati Kubar, FX Yapan, SH.

Dalam laporannya, Dandim 0912/Kubar mengatakan bahwa kegiatan TMMD ke-107 Ta 2020 di Kampung Tanjung Jan, Kecamatan Jempang, Kabupaten Kutai Barat, berupa kegiatan Fisik dan Non fisik (Sosialisasi/Penyuluhan).

Sasaran Kegiatan Fisik yakni senenisasi Jalan Kampung Sepanjang 535 M x Lembar 4 M x Tinggi 20 Cm di Kampung Tanjung Jan Kec.Jempang kab.Kutai Barat dengan hasil 100%, renovasi Mushola Ar-Rahman Kampung Pulau Lanting dengan hasil 100%, renovasi Tribun Lapangan Sepak Bola kampung Tanjung Jan dengan hasil 100%, renovasi Rumah Singgah ukuran 8×12 M di Kampung Tanjung Jan dengan hasil 100% dan renovasi Gereja GPDI Kampung Tanjung Jan dengan hasil 100%.

Sedangkan sasaran Kegiatan Non Fisik diantaranya Pemasangan Pamlet tentang himbauan “Mari Mencegah Penyebaran Covid-19 dan Cara Mengatasi Virus Corona” di Kampung Tanjung Jan dan Pulau Lanting dengan hasil 100%, penyemprotan disinfektan penyebaran covid 19 di Kampung Tanjung Jan dan Pulau Lanting dengan hasil 100%, sosialisasi Hukum dan Kamtibmas dengan hasil 100%, sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dengan hasil 100%, penyuluhan Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS dengan hasil 100%, sosialisasi Pertanian dan Perikanan dengan hasil 100%, sosialisasi Rekruitmen TNI dengan hasil 100% dan sosialisasi Bahaya Terorisme dan Faham Radikalisme dengan hasil 100%.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan, SH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Anggota TNI yang telah selesai melaksanakan TMMD. Bupati menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kerja TNI dalam progam kerja pembangunan desa.

“Kami akan terus bekerja sama dengan TNI, khususnya Kodim 0912/Kutai Barat, agar setiap tahun mengadakan TMMD,” pinta Bupati.

Sumber: Penrem 091/ASN

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA