by

Peduli Sesama di Tengah Pandemi, Wabup Flotim Jalankan Tradisi Umeng Lamak

KOPI, Flores Timur – Peduli terhadap sesama di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH, menjalankan sebuah tradisi yang hingga kini masih melekat dalam jiwa orang Lamoholot yang disebut Umeng Lamak, yang artinya mengambil bagian dalam kehidupan bersama. Tradisi tersebut digunakan Agus Boli dengan cara membagikan sembako berupa beras, kopi, gula pasir, teh dan sabun kepada warga Desa Pamakayo, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT, Sabtu, 18/04/2020.

Pada hari yang sama, Agus Boli juga membagikan sembako kepada ibu-ibu pedagang kecil di sekitar Pelabuhan Laut Larantuka yang mengeluhkan sepinya pembeli.

Dikonfirmasi media ini, Wabup Agus mengatakan dampak buruk kehidupan ekonomi masyarakat akibat corona virus sudah mulai nampak. Hal itu menggugah dirinya untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi.

Agus Boli mengatakan sumbangan tersebut merupakan sumbangan pribadi darinya yang diambil dari 10 % penghasilan tiap bulannya. Ini merupakan sebuah kebiasaan yang telah ia lakukan semenjak menjadi anggota DPRD Flores Timur pada tahun 2009-2014 yang lalu.

“Ini hanya perhatian kemanusiaan, dalam budaya Lamaholot disebut Umeng Lamak yang artinya mengambil bagian dalam kehidupan bersama. Ini rutin saya lakukan untuk membantu saudara-saudara yang sedang berkesusahan. Hal ini biasa saya lakukan sejak masi menjadi anggota DPRD tahun 2009,” kata Agus Boli.

Selain memberikan bantuan, Agus Boli mengatakan giat tersebut merupakan upaya mendekatkan diri kepada masyarakat guna memberikan edukasi serta memberikan arahan-arahan pemerintah terkait pencegahan Covid -19. “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mentaati aturan pemerintah membudayakan pola hidup sehat, menerapkan social distancing atau menjaga jarak antara satu dengan yang lain serta hindari diri dari kerumunan massa guna mencegah penyebaran Covid-19,” himbaunya.

Disinggung soal Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat, Agus Boli mengatakan sesuai arahan Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, bahwa bantuan tersebut akan disalurkan setelah pendataan di tingkat desa dan kelurahan dilakukan secara valid. “Kali ini BLT diperuntukkan bagi 15.700 kepala keluarga miskin dengan besaran enam ratus ribu per bulan,” tutupnya. (ATT/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA