by

Dua Makanan Enak di Pekalongan yang Wajib Dicoba

KOPI, Pekalongan – Yap, setelah Anda melewati kota Pemalang tepatnya di jalur Pantura terdapat sebuah kota bernama Pekalongan. Saat Anda mendengar kata Pekalongan, maka biasanya langsung menghubungkannya dengan batik Pekalongan. Betul memang, namun wisata kulinernya pun wajib untuk Anda cicipi.

Setiap daerah mempunyai spot tempat makan enak, termasuk Pekalongan. Untuk Anda yang baru pernah ke Pekalongan, ataupun sekedar melintas Pekalongan, ada loh dua makanan enak yang sebaiknya Anda coba saat mengunjungi kota Batik ini.

Makanan Enak Khas Pekalongan

1. Nasi Megono

Biasa disebut sego megono.rasanya enak, gurih, pedas dan memiliki aroma khas segar dari kecombrang. Yang membedakan dengan nasi lauk pada umumnya adalah, nasi megono itu merupakan nasi putih yang diberi lauk berupa cincangan nangka muda, parutan kelapa, kecombrang dan rempah lainya yang dikukus.

Tak heran apabila rasanya gurih wangi dan memiliki rasa pedas di lidah. Namun Anda tidak usah khawatir, karena rasa pedasnya masih batas wajar kok. Anda juga bisa mendapatkannya di catering pekalongan.

Harga nasi megono, ada beberapa tempat di Pekalongan yang membandrol harga 15 ribu, ada juga yang mematoknya 20rb. Mana yang harus dipilih? yang jelas jika bedanya jauh, itu karena menggunakan lauk tambahan, seperti ayam, ampela, sehingga harganya menjadi bervariatif.

2. Tauto / Soto Bumbu Tauco Khas Pekalongan

Beberapa daerah memang mempunyai kuliner khas dengan nama soto, hanya saja biasanya isian dan kuah sotonya saja yang berbeda. Seperti pada soto khas Pekalongan ini, warna kuahnya merah aroma wanginya semerbak.

Pada mulanya tauto ini menggunakan daging kerbau, namun saat ini sudah diganti dengan daging sapi. Alasannya jelas, karena daging sapi lebih diterima dam lebih umum digunakan. Saat Anda melihat kuahnya yang begitu merah menantang, pastilah Anda berfikir apakah kuah tersebut aman.

Tentu saja aman, karena warnanya yang tajam dan terlihat pedas itu dihasilkan dari cabai dan beberapa rempah lainya. Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Cianjur atau Medabn, disana juga mempunyai makanan yang bernama tauco, akan tetapi tauco khas Pekalongan rasanya berbeda.

Rasanya yang nendang, sangat direkomendasikan disantap menggunakan sepiring nasi, lontong, maupun ketupat.

Harga?

Harga Tauto Pekalongan, harganya tergantung di mana Anda makan dan bersama apa. Namun sebagai gambaran harga, seporsi tauto khas Pekalongan biasanya dijual diharga 17rb – 20rb.

Dari kedua menu makanan di atas, mana dulu yang akan Anda coba? mau yang gurih atau yang pedas, itu terrgantung selera Anda. Bagi Anda yang sudah pernah mencicipi makanan di atas, silahkan berkomentar bagaimana menurut Anda rasanya. 

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA