by

Kecamatan Ulu Rawas Bersama UPTD Puskesmas Bangun Posko Siaga Covid-19

KOPI, Muratara – Pemerintah Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan tidak tinggal diam dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ( Covid-19) di daerah tersebut.

Bersama dengan Kepala UPTD Puskesmas Ulu Rawas, dan Kepala Desa se Kecamatan sepakat membangun posko terpadu siaga Covid-19 di perbatasan antara Kecamatan Ulu Rawas dengan Kecamatan Rawas Ulu tepat nya di desa Jangkat.

Kepada koran ini, Camat Ulu Rawas, Mukhtaredi mengatakan bahwa pembangunan posko tersebut untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara secara umum dan Kecamatan Ulu Rawas secara khusus.

Mukhtaredi mengatakan, pembangunan posko tersebut dilakukan sebagai kebijakan yang berkesinambungan dari pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten hingga Kecamatan dan desa desa sebagai corong terdepan dalam melawan wabah covid 19.

Dikatakan Mukhtaredi, posko induk di pintu masuk gerbang ulu rawas desa jangkat untuk mendeteksi warga luar daerah yg masuk keluar wilayah daerahnya.

“Petugas yang bertugas di posko induk ini kita SK kan dan bekerja efektif mulai tanggal 29 April dalam jangka waktu 1 bulan ke depan, dengan jam tugas pukul 06.30 wib hingga pukul 18.00 WIB,”jelasnya kemarin.

Lanjut Mukhtaredi,dibentuk posko induk ini juga bentuk penyuluhan kesehatan warga nya untuk menggunakan masker selama keluar rumah dan cuci tangan sesering mungkin serta membudayakan pola hidup sehat.

Kepada para kades ditekankan untuk deteksi dini serta antisipasi dini apabila ada warganya yang pulang kampung sehingga mereka yang datang akan dicek kesehatan maupun karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

“Kita tidak ingin ada keluarga kita, warga kita yang terkena wabah maka antisipasi sebaik mungkin, ini bagian ikhtiar kami dalam melawan Covid19,”utaranya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Muara Kulam, Nelly Haryanti saat dihubungi koran ini membenarkan adanya posko induk yang akan segera direalisasikan dalam melawan covid19.

Dikatakan Nelly Haryanti, pihaknya akan menempatkan petugasnya dari desa Jangkat dan Pulau Kidak sebagai desa yang letaknya terdekat.

Sambung Nelly Haryanti mereka akan dilengkapi, APD dan alat termal sehingga tugas mereka memang memang terproteksi dalam mendeteksi keluar masuk warga Ulu Rawas.

“Kran dan tempat cuci tangan pake sabun juga kita sediakan di posko induk,”terang Nelly Haryanti.

Nelly Haryanti mengharapkan kepada semua pelaku perjalanan agar jujur menyampaikan riyawat perjalanan saat dicek diposko induk tersebut supaya tidak menyebarkan virus kepada sanak keluarga di dusun.

“Kita bertindak sesuai protap Covid19, semoga Ulu Rawas aman dari virus yang mematikan ini,” harap Nelly.

Untuk diketahui sebelum mendirikan posko induk, Pihak Kecamatan Ulu Rawas sudah sejak dini melakukan antisipasi dengan membudayakan pola hidup sehat. di kecamatan maupun desa-desa setidaknya sudah dilengkapi cuci tangan dan sebagainya serta penyemprotan cairan disinfektan. (Vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA