by

Jenis Kain yang Sering Dijadikan Bahan Baju

KOPI, Jakarta – Mau bikin pakaian yang nyaman digunakan, tentu tidak terlepas dari bahan kain yang dipakai. Pilihan jenis kain juga sekarang sudah beragam, tinggal tergantung beberapa orang lebih terbiasa memakai bahan kain yang seperti apa. Yang pasti, beda jenisnya karena itu beda pula harganya. Di bawah ini type kain yang seringkali digunakan untuk bahan pakaian :

1. Jenis Kain Crepe

Kain crepe mempunyai tekstur seperti kulit jeruk. Terdapat beberapa variasi, dari mulai tekstur kasar sampai halus, paling tebal hingga menerawang. Biasanya, pakaian dari jenis kain crepe ini banyak dipasarkan di toko-toko online.

2. Jenis Kain Wool

Kain wool biasa dipakai untuk membuat jaket, sweater, hingga scarf jilbab. Berbahan yang tebal membuat beberapa orang memilih pakaian dengan bahan wool saat musim dingin atau musim hujan tiba. Tetapi, bahan wool cenderung sulit dibersihkan bila ada noda menempel, sebab jenis kain ini termasuk yang mudah menyerap air.

3. Kain Katun

Kain katun termasuk yang paling sering dan umum dipakai mau bikin pakaian. Harga di pasar pun tergolong mahal, tetapi sesuai sama kualitasnya. Katun mempunyai daya serap keringat paling baik di antara beberapa bahan kain yang lain. Teksturnya lembut dan waktu digunakan tidak menimbulkan hawa panas di tubuh.

Tetapi saat ini kain katun banyak ragamnya dan tidak terbuat dari serat alami. Kain katun mulai dicampur dengan bahan polyester yang cenderung panas.

4. Kain Polyester

Kain berbahan polyester sering digunakan karena sifatnya yang tidak gampang kusut walau dicuci berulang kali. Tetapi, bahan ini cenderung panas dan kurang menyerap keringat. Biasanya, polyester digabungkan dengan kain katun supaya teksturnya tidak terlalu kasar.

5. Kain Lycra

Kain lycra memang jarang terdengar, tetapi jenis kain ini seringkali digunakan untuk pakaian olahraga. Bahan kainnya mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi dan biasa disebut kain spandex.

6. Kain Wolfis

Kain wolfis mempunyai tekstur yang tidak menerawang. Sebenarnya, nama kain ini ialah Wool Peach, namun di Indonesia lebih populer dengan istilah ‘wolfis’. Umumnya, wolfis digunakan untuk baju muslim, mulai dari gamis, rok, sampai hijab. Bahannya lembut serta mudah jatuh.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA