by

Jenis-jenis Benang dan Kegunaannya yang Perlu Kalian Pahami

KOPI, Jakarta – Benang salah satu bahan yang perlu dalam proses menjahit, jenis atau tipe benang yang ada juga bermacam sesuai fungsi nya masing-masing. Beberapa Jenis Benang yang seringkali dipakai ialah benang obras, benang jahit, benang sulam, benang bordir, benang karet, benang nilon dan benang sutra.

Pengertian Tentang Benang

Benang ialah satu serat yang panjang, dipakai untuk pemroduksian tekstil, penjahitan, dan lain-lain. Benang bisa dibikin dari beberapa tipe bahan baku seperti bahan sintetik atau bahan alami.

Bila dibikin berbahan alami benang dapat dibikin memakai bahan katun, sutra, bambu, wol, alpaca, dan lain-lain.

Di dunia jahit-menjahit, benang adalah salah satunya bahan baku produksi yang penting, bila tidak memakai bagaimana dapat Anda menghubungkan atau menyambung beberapa bagian baju yang akan Anda produksi? Oleh karena itu perlu sekali untuk tahu beberapa jenis benang dan manfaatnya.

Untuk memperoleh hasil jahitan yang baik, kecuali memakai bahan yang baik perlu untuk memakai benang yang bermutu serta kuat, supaya hasil jahitannya juga jadi kuat serta tidak gampang terlepas serta robek.

Jenis Benang dan Kegunaannya

Menyiapkan produksi untuk baju Anda tidak dapat asal-asalan, harus disediakan dengan cara masak. Baik dari sisi kualitas, bahan kain sampai ke perlengkapan pendukungnya , diantaranya ialah benang.

Sangat banyak tipe benang yang ada di pasar, tetapi tahukah Anda apa tipe benang serta bagaimana dengan manfaatnya?

Apa satu tipe benang dapat dipakai untuk proses produksi yang tidak sama? Berikut ini adalah keterangan mengenai beberapa tipe benang dan manfaatnya, yang kemungkinan perlu Anda kenali

Benang Jahit

Benang yang dipakai untuk menjahit dibagi jadi beberapa macam yang dapat sesuai dengan keperluan Anda.

Bila ingin menjahit kain katun yang cukup tebal misalnya, mustahil Anda memakai tipe benang yang sama juga dengan benang yang dipakai untuk menjahit kain katun yang tipis.

Pilih benang jahit yang tidak memiliki serat yang pendek, sebab ada banyak kekurangan yang dapat Anda jumpai seperti ujung benangnya yang gampang terbuka, kemampuan benang yang kurang serta gampang terputus.

Oleh karena itu Anda perlu pilih benang yang memiliki diameter benang yang rata, tahan gesekan, tidak gampang putus walau telah dicuci berkali-kali, lentur dapat ikuti jalan jahitan.

Benang Obras

Benang ini adalah tipe benang yang biasa digunakan untuk membereskan pinggir kain agar bertambah lebih rapi serta benangnya tidak terurai amburadul.

Bila dibanding dengan benang jahit ukuran dari benang obras ini umumnya lebih halus lagi. Lihat dari tipe benang yang biasa dipakai untuk mengobras baju ialah benang Polyester.

Jenis Benang Sulam

Kecuali dua tipe benang di atas masih ada banyak tipe benang yang lain yang kemungkinan perlu untuk Anda kenali. Benang Sulam ialah benang yang dipakai untuk merajut serta menghiasi kain agar terlihat lebih cantik.

Misalnya, sulaman pada taplak meja, sarung bantal, dan lain-lain. Salah satunya kelebihan benang Sulam dari benang lain ialah benang sulam memiliki struktur yang lebih halus serta lembut.

Benang Bordir

Benang bordir adalah tipe benang yang biasa dipakai untuk membordir atau merajut dengan mesin jahit. Bordir adalah salah satunya tipe penghias baju, yang dapat dipakai pada kaos atau kaos polo.

Bahan serta struktur dari benang bordir sebetulnya tidak demikian tidak sama dengan benang jahit. Warna yang dipakai untuk benang bordir umumnya lebih mengkilap dari benang biasa.

Supaya memperoleh hasil bordir yang bermutu baik, kecuali memerhatikan warna benang nya Anda juga harus memerhatikan kualitas dari benang bordir itu.

Jenis Benang Karet

Benang karet adalah tipe benang yang dibuat dari getah karet yang telah divulkanisir. Sebab mempunyai muatan karet karena itu benang yang dibuat juga kelihatan lebih tebal serta benar-benar elastis.

Dengan ciri-ciriistiknya yang elastis ini benang karet benar-benar pas bila dipakai untuk mengernyitkan bagian-bagian khusus pada baju. Misalnya dapat mengernyitkan sisi perut, leher, lengan, pinggang atau dada.

Benang Nylon

Jenis benang ini biasa dipakai untuk menjahit beberapa bahan parasut atau juga bisa untuk menjahit sepatu, sandal serta kain yang tebal seperti kain terpal. Benang Nylon dibikin dari minyak bumi, batu bara serta bahan kimia

Jenis Benang Sutera

Tahukah Anda bila benang sutera dibikin dari serat kepompong? Satu kepompong rupanya bisa membuahkan benang sutera selama 457 mtr. sampai 914 mtr.

Karakter dari benang sutera itu kuat, halus serta mengkilap. Oleh karena itu benang ini umumnya dipakai untuk kepentingan menjahit baju-baju istimewa seperti baju-baju pesta.

Di Indonesia sendiri benang sutera banyak dibuat di salah satunya wilayah di Sulawesi Selatan. Dari sana kain sutera banyak dibikin dengan corak-corak yang ciri khas dengan proses ditenun serta jadikan sebagai jagoan industri rumah tangga.

Itulah beberapa jenis benang kegunaan dari benangnya yang barangkali penting untuk Anda ketahui. Buat meningkatkan wawasan Anda seputar proses produksi kaos. Semoga info yang kami bagi ini berguna untuk Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA