by

Hari Kedua DJC, Para Peserta Dibuat Semangat Dijanjikan Reward oleh Wilson

KOPI, Jakarta – Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI) mengadakan kegiatan Diklat Jurnalistik Corona (DJC) dalam bentuk cllasroom secara online. Adapun dalam kegiatan Diklat Jurnalistik Corona secara online generasi kedua yang sedang berlangsung saat ini, di ikuti sebanyak 13 peserta yang terdiri dari berbagai daerah di Indonesia.

Di hari pertama, sebagai pembuka Diklat Jurnalistik Corona, para peserta diajarkan tentang dasar-dasar berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dipandu oleh Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke. Juga pada hari yang sama, kepada peserta disajikan materi cara praktis membuat berita yang ditrainer langsung oleh Mung Pujanarko, Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Jayabaya, Rabu, 15/4/2020.

Selanjutnya, di hari kedua kami semua peserta yang mengikuti kegiatan Diklat Jurnalistik Corona kembali ditrainer oleh Wilson Lalengke yang adalah juga Pimpinan Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI). Seperti hari pertama, pelajaran via online ini dimulai pukul 09:30 Wib. Materi yang ajarkan Wilson berbeda dengan hari yang pertama. Kami semua peserta diajarkan tentang cara editing, penyuntingan berita dan artikel, Kamis, 16/4/2020.

Setelah diajarkan mengenai cara editing, penyuntingan berita dan artikel, kamipun kembali diberikan tugas baru, berupa Pekerjaan Rumah (PR) oleh Wilson yang merupakan alumni dari Lemhannas RI tahun 2012. Dalam classroom Diklat Jurnalistik Corona yang diselenggarakan secara online tersebut, Wilson mengatakan peserta yang mengerjakan PR tercepat dan sempurna artikelnya, termasuk editing, akan dapat reward khusus darinya.

Mendengar adanya pernyataan atau janji tersebut, hal itu membuat para peserta yang mengikuti Diklat Jurnalistik Corona menjadi bersemangat, termasuk saya sendiri yang mengikuti ujian tersebut. Hingga usai kamipun semua peserta harus segera mengumpulkan tugas yang telah diberikan kepada trainer diklat. (M. Abbas)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA