by

Di Tengah Pandemik Covid-19, Kota Bitung Giatkan P2L

KOPI, Bitung – Covid-19 yang sementara jadi momok bagi dunia sekarang ini, membuat berbagai pihak berupaya melakukan terobosan. Di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggiatkan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Ir. Hedy Tanod, Kepala Bidang Ketahanan Pangan, mengatakan kegiatan P2L ini merupakan program Kementerian Pertanian. Program ini sangat efektif di kondisi saat ini.

“Kami membina 10 Kelompok P2L di tahun 2020 ini,” terang Tanod, Jumat, 17 April 2020.

Setiap kelompok, imbuh Tanod, beranggotakan 30-40 orang. Dengan program P2L ini pihaknya berharap masyarakat akan memanfaatkan pekarangan dengan maksimal.

“Kami menyarankan, baik di pekarangan maupun di demplot, untuk menanam tanaman yang mengandung Karbohidrat dan Protein. Untuk aktivitas di Kebun Bibit jangan pernah dihentikan, karena Kebun Bibit adalah sumber dari P2L,” jelas Tanod.

Apabila petunjuk dan arahan dari Dinas Pertanian diikuti, tambah Tanod, maka jumlah yang terdampak akibat Covid-19 ini akan bisa diminimalisir.

Mengenai sistim kerja di P2L, menurut Tanod, pihaknya sudah menghimbau bahwa harus ada pembagian kelompok dalam bekerja di demplot dan Rumah Bibit. “Setiap kelompok kerja terdiri dari tiga orang dan tidak boleh lebih, tentunya dengan memperhatikan jarak serta memakai masker dan sarung tangan,” tutur Tanod.

Secara terpisah ketika dihubungi, Martina Poluan, SP, salah satu Tim Teknis kegiatan ini mengatakan bahwa masyarakat yang tergabung dalam kelompok P2L, sangat bersemangat. Anjuran aktivitas di rumah saja, dimanfaatkan untuk menanam di pekarangan rumah sendiri. (Arianto)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA