by

Tips Cerdas Traveling Menggunakan Pesawat untuk Pemula

Ikuti Proses Pemeriksaan

Hal penting berikutnya ialah mengikuti proses pemeriksaan di bandara. Hal ini wajib dilakukan demi kenyamanan dan keamanan selama penerbangan nanti. Pemeriksaan biasanya akan dilakukan sebanyak 2 kali, mulai dari proses check in hingga saat memasuki  ruang tunggu pesawat nanti.

Ada baiknya jika Anda melepaskan semua benda yang mengandung logam pada tubuh Anda, seperti cincin, jam, kalung, anting, uang koin dan masih banyak lainnya saat proses check in. Hal ini akan mempermudah proses pemeriksaan. Pada pemeriksaan kedua di ruang tunggu, biasanya pemeriksaan lebih fokus pada barang-barang yang Anda bawa seperti parfum dan sebagainya. Ingat, usahakan Anda hanya membawa barang tidak lebih dari 100 ml.

Proses Check-In

Proses check in menjadi hal biasa saja untuk mereka yang sudah sering pulang pergi naik pesawat, namun akan cukup membingungkan jika Anda baru pertama kali mencobanya. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan dengan baik bagaimana proses check in yang tepat dan sesuai prosedur standar yang telah ditetapkan sebelum menaiki pesawat nanti.

Langkahnya cukup mudah, carilah loket khusus untuk check in sesuai maskapai penerbangan pilihan Anda. Jangan lupa mempersiapkan identitas diri Anda serta passpor jika berencana melakukan perjalanan ke luar negeri. Kabar baiknya, saat ini proses check in juga bisa dilakukan secara online meskipun nantinya Anda tetap harus melalui proses serupa di bandara. 

Boarding Pass

Terdengar sederhana, namun akan membingungkan jika Anda baru pertama kali mencobanya. Anda hanya perlu menunggu di tempat yang sudah disediakan sesuai boarding pass yang Anda miliki. Kemudian Anda akan diberikan petunjuk untuk menunggu maskapai penerbangan pilihan pada ruang tunggu yang telah disediakan.

Jika Anda merasa masih bingung, jangan ragu untuk bertanya pada petugas bandara. Nah, kini proses boarding semakin mudah lho karena Traveloka sebagai OTA ternama hadir menawarkan fitur boarding pass hanya melalui Traveloka App. 

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA