by

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

KOPI, Jakarta – Berbelanja secara online memang bukan suatu hal yang asing di telinga. Kini kegiatan secara daring ini sudah lazim dilakukan di era serba canggih sekarang. Hanya saja, ada saja permasalahan yang muncul seperti halnya penipuan.

Maka tidak mengherankan banyak orang kemudian berupaya menemukan tips belanja online agar tidak tertipu kembali. Penipuan secara online memang membuat siapapun takut.

Pasalnya banyak kasus penipuan terjadi saat belanja online, semisal barang tidak dikirim, produk tidak sesuai gambar, hingga toko online fiktif. Tentu hal ini merugikan Anda selaku konsumen.

Untuk itu penting untuk mengetahui tips dasar supaya terhindar dari penipuan seperti di bawah ini :

Cek Identitas Pemilik dan Toko Online

Hal yang seringkali terjadi secara online adalah kurang telitinya calon pembeli terhadap identitas penjual. Disini artinya Anda harus cermat memilih toko online terpercaya. Perhatikan betul siapa identitas yang tertera di tokonya, seperti nama toko online, alamat, email, dan nomor telepon yang tertera.

Selain melihat rincian identitas si pemilik toko, maka perhatikan juga situs dari toko online tersebut. Pastikan situs belanja online itu aman untuk penelusuran daring Anda. Perhatikan keamanan dengan adanya tanda gembok di depan alamat situs. Terlebih saat sudah memasuki halaman di tahap pembayaran, hal ini perlu diperhatikan.

https://www.tokopedia.com/madubaduy
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA