by

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Melihat Review Toko Online

Tips belanja online agar tidak tertipu berikutnya adalah melihat review dari toko tersebut. Saat Anda melihat ada produk yang disuka dari salah satu toko online, maka perhatikan review atau ulasan terkait. Pastikan semua review dari pembeli untuk produk dan toko online tersebut bagus. Setidaknya 90 persen lebih memberikan ulasan positif.

Meminta bukti pengiriman barang

Hal ini bisa dilakukan jika sudah terlanjur melakukan transaksi. Pastikan selalu meminta bukti jika barang telah dikirim. Dalam hal ini bisa anda meminta resi pengiriman.

Dengan nomor resi ini bisa di gunakan untuk mengetahui status pengiriman barang melalui situs resmi jasa ekspedisi yang di gunakan atau situs lain seperti resinesia juga memiliki fitur untuk cek resi

Perhatikan Benar Keterangan Produk

Saat berbelanja online sebaiknya perhatikan detail produk. Belanja online berbeda dengan belanja secara konvensional di toko dunia nyata. Semua yang akan Anda beli hanya berupa foto bila membeli secara online.

Pasalnya tidak sedikit penjual online hanya reseller atau dropshiper. Sehingga hanya memajang foto produk berdasarkan sharing dan tidak memiliki supply barang sendiri. Jika memungkinkan, sebaiknya minta foto asli dari gambar produk yang hendak Anda beli.

Sudah seharusnya para calon pembeli memperhatikan detail dari setiap produk yang tercantum. Jangan sampai karena tidak ketelitian dalam membaca keterangan pada gambar, Anda kecewa saat melihat produk sampai di rumah tidak sesuai gambar.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA