by

Pancasila dan Islam

Dengan demikian, Pancasila dan Islam, merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di suatu wilayah kebudayaan yang universal. Identik dengan Islam, agama dan Pancasila juga merupakan satu kesatuan yang saling mekengkapi dalam kehidupman berbangsa dan bernegara.

Dari perspektif itulah, sungguh tak ada pertentangan antara Pancasila dan Agama. Pancasila tak lain adalah implementasi ajaran-ajaran muamalah semua agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Dengan alasan seperti itulah Islam mendukung Pancasila. Dan Pancasila mendukung Islam. Istilah KH Maimun Zubair, pendiri Ponpes Al-Anwar, Sarang, Rembang — Islam dan Pancasila berada dalam satu tarikan nafas. Ini artinya Islam dan Pancasila adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Seperti penerimaan KH Hasyim Asy’arie terhadap Pancasila tersebut di atas.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA