by

Mengenal Mesin Vacuum Sealer dan Fungsinya

KOPI – Mesin vacuum sealer merupakan salah satu jenis mesin yang dapat digunakan untuk menghampakan udara di sekitar benda tertentu supaya tetap terlihat segar dan higenis.

Salah satu penggunaan dari mesin ini seringkali dilakukan oleh para penjual buah untuk menghilangkan debu-debu yang ada di sekitar buah. Hal ini sama saja agar buah yang dijual tetap terjaga keawetannya dan tetap segar.

Menggunakan mesin vacuum sealer ini dapat membuat makanan bertahan 5 kali lipat. Seperti halnya makanan biasanya dapat membusuk selama 3 hari tanpa menggunakan vacuum sealer.

Makanan kalian akan lebih terjaga keawetannya sekitar 15 hari bila menggunakan mesin vacuum sealer. Nah bagi kalian yang ingin makanannya tetap terjaga keawetannya bisa menggunakan mesin vacuum sealer ini.

Perawatan Mesin Vacuum Sealer

Supaya mesin vacuum sealer milik kalian tetap terjaga keawetannya, tentu kalian harus melakukan perawatan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang harus kalian lakukan!

1. Membersihkan Mesin

Hal ini sudah pastinya harus kalian lakukan supaya mesin vacuum sealer milik anda tetap terjaga keawetannya. Bersihkan secara rutin setelah menggunakan peralatan tersebut.

Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kering dan juga lap basah. Apabila kotoran membandel, bersihkan peralatan tersebut dengan menggunakan air jeruk lemon. Segala kotoran setebal apapun akan hilang seketika dengan menggunakan air jeruk lemon.

2. Beri Jeda Pemakaian

Jika kalian menggunakan mesin vacuum sealer, sebaiknya jangan digunakan secara terus menerus dalam sehari. Gunakan alat tersebut secara berkala dengan jeda waktu yang pas, seperti halnya kalian menggunakannya setiap 6 jam sekali. Dengan begitu, mesin vacuum sealer akan tetap terjaga keawetannya.

3. Ganti Oli

Perawatan yang dapat kalian lakukan selanjutnya yaitu mengganti oli secara berkala. Sebaiknya ganti oli pada mesin vacuum sealer ini sebulan sekali. Akan tetapi, jika kalian sering menggunakannya bisa melakukannya secara rutin 3 hari sekali atau 4 hari sekali.

4. Harga Mesin Vacuum Sealer

Siapapun yang ingin membuat makanan tetap terjaga keawetannya, pastinya ingin membeli alat yang satu ini ya kan! Kalian bisa memilih berbagai jenis vacuum sealer sesuai dengan keinginan anda. Untuk masalah harga menyesuaikan kualitas dari mesin vacuum sealer tersebut.

Biasanya harga dari mesin vacuum sealer ini berkisar Rp. 800 ribu – Rp. 1 juta untuk kategori sedang. Jika kalian ingin yang lebih mahal lagi, harga vacuum sealer bisa lebih dari Rp. 2 juta. Kalian juga dapat membelinya secara online di toko Online terkenal seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain.

Menurut para pengguna yang jual vacuum sealer, semakin mahal harga mesin vacuum sealer yang kalian beli, maka kualitas dari mesin tersebut semakin baik. Kalian bisa membeli mesin vacuum sealer dengan jenis yang berbeda sesuai dengan keinginan kalian masing-masing.

Fungsi Mesin Vacuum Sealer

Alat yang satu ini memiliki fungsi utama untuk membersihkan dan mengawetkan makanan, salah satu makanan yang sering diawetkan adalah buah-buahan. Dengan adanya mesin vacuum sealer ini akan membuat makanan tetap terjaga kondisinya agar tidak cepat mengalami pembusukan.

Seperti yang kita lihat, buah-buahan atau makanan lainnya akan lebih cepat membusuk bila dibiarkan saja. Namun akan berbeda jika kalian menggunakan mesin vacuum sealer, kondisi makanan tersebut akan lebih awet dan tetap segar.

Demikian beberapa informasi yang dapat saya sampaikan mengenai mesin vacuum sealer yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA