by

Kerajaan Hindu Tertua di Pulau Jawa

KOPI, Jakarta – Indonesia pernah merasakan masa kerajaan Hindu-Buddha, persisnya semenjak era ke-4 Masehi. Ini diikuti dengan munculnya Kerajaan Kutai sebagai kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Lalu apa saja Kerajaan Hindu Tertua di Pulau Jawa?

Waktu kerajaan Hindu-Buddha jadi sisi penting dalam riwayat Nusantara. Indonesia pernah dipenuhi dengan jumlahnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Beberapa kerajaan Hindu-Buddha yang populer contohnya Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singosari, Kerajaan Sriwijaya serta Kerajaan Mataram Kuno.

Sampai sekarang Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur masih disadari untuk kerajaan tertua di Indonesia, berdasar bukti prasasti peninggalannya. Sementara Kerajaan Tarumanegara menjadi kerajaan tertua di Pulau Jawa. Ada banyak kerajaan bercorak Hindu-Buddha lain yang dibangun sebelum era ke-10 Masehi.

Nah berikut ini akan diberikan informasi kerajaan tertua di Pulau Jawa yang bercorak Hindu-Buddha berdasar bukti prasasti peninggalannya. Di bawah ini ialah beberapa nama kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa, diperlihatkan dan riwayat, tahun berdiri, nama rajanya, tempat pusat pemerintahan serta prasasti-prasasti peninggalannya.

Kerajaan Tarumanegara

  • Lokasi: Wilayah barat Jawa Tengah
  • Tahun berdiri: sekitar abad ke-4 (tahun 358 Masehi)

Kerajaan Tarumanegara ialah kerajaan Hindu tertua di pulau Jawa. Direncanakan kerajaan ini berdiri pada abad ke-4, sekitar tahun 358 Masehi, sampai era ke-7 Masehi. Terletak berada di daerah barat pulau Jawa, dimana pusat kerajaannya berada di kota Bogor.

Ada banyak raja yang pimpin Kerajaan Tarumanegara. Pendiri Kerajaan Tarumanegara sekaligus juga raja pertama yang berkuasa ialah Raja Jayasingawarman. Masa keemasan Kerajaan Tarumanegara berlangsung pada saat pemerintahan Raja Purnawarman. Dia diketahui untuk raja yang arif serta cerdas.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara terdapat beberapa, diantaranya ialah:

  • Prassasti Kebon kopi, yang diketemukan di perkebunan di Ciampea, Bogor
  • Prasasti Tugu, yang diketemukan di desa Tugu, kecamatan Tarumajaya, Bekasi
  • Prassasti Cidanghiyang, yang diketemukan di desa Lebak, kecamatan Munjul, Pandeglang

Kerajaan Hindu Tertua: Kerajaan Pajajaran

  • Lokasi: Bogor dan Ciamis
  • Tahun berdiri: sekitar abad ke-7 (tahun 669 Masehi)

Kerajaan Pajajaran nama aslinya ialah Kerajaan Sunda Galuh. Kerajaan ini berdiri pada tahun 669 Masehi untuk pecahan dari Kerajaan Tarumanegara serta berpedoman agama hindu-budha. Pada tahun 669 Masehi, Kerajaan Tarumanegra dibagi jadi dua yaitu Kerajaan Sunda serta Kerajaan Galuh yang wilayahnya dipisah sungai Citarum.

Kedua-duanya sering dikumpulkan jadi Kerajaan Sunda Galuh yang lebih diketahui untuk Kerajaan Pajajaran, walau pada teritorialnya belum pernah berpadu dengan cara sah. Ibukota Kerajaan Sunda sekarang jadi kota Bogor, sedang ibukota Kerajaan Galuh sekarang jadi Kabupaten Ciamis.

Ada banyak peninggalan Kerajaan Pajajaran salah satunya ialah seperti berikut:

  • Prasasti Jayabupati yang diketemukan di Cibadak, Sukabumi
  • Prasasti Cibadak yang diketemukan di Cibadak, Sukabumi dan prasasti Calcutta

Kerajaan Medang (Mataram Kuno)

  • Lokasi: Jawa Tengah, kemudian pindah ke Jawa Timur
  • Tahun berdiri: kira-kira abad ke-8 (tahun 752 Masehi)

Kerajaan Medang atau yang telah diketahui untuk Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Hindu salah satu kerajaan Hindu yang terdapat di Jawa Tengah. Kerajaan ini berdiri di seputar era ke-8, persisnya di tahun 752 Masehi, sampai era ke-11 Masehi. Sebelum roboh pusat kerajaan ini geser ke Jawa Timur.

Terdapat beberapa raja-raja yang memerintah kerajaan Mataram Kuno. Pendirinya sekaligus juga raja pertamanya ialah Raja Sanjaya. Salah satunya peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang paling kolosal ialah Candi Boroobudur. Dalam riwayat Candii Borobudur mengatakan jika candi itu dibuat oleh Sailendrawangsa.

Terdapat beberapa peninggalan-peninggalan Kerajaan Mataram Kuno atau Kerajaan Medang, salah satunya ialah:

  • Candi Borobudur
  • Candi Prambanan
  • Candii Sewu
  • Prasasti Lor
  • Prasasti Bangil
  • Artifak emas yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten

Kerajaan Hindu Tertua: Kerajaan Kahuripan

  • Lokasi : Kahuripan (sekarang sekitar Sidoarjo atau Surabaya)
  • Tahun berdiri : sekitar abad ke-11 (tahun 1019 Masehi)

Kerajaan Kahuripan adalah kerajaan Hindu yang berdiri pada seputar era ke-11 atau seputar tahun 1019 Masehi. Pusat pemerintahannya berada di Kahuripan, saat ini masuk daerah Sidoarjo atau Surabaya. Mengenai kerajaan ini dibangun oleh Airlangga untuk lanjutan dari kerajaan Mataram Kuno yang roboh.

Berdirinya Kerajaan Kahuripan bermula dari runtuhnya kerajaan Mataram Kuno. Airlangga selanjutnya membangun Kerajaan Kahuripan selesai runtuhnya Kerajaan Sriwijaya sebagai intimidasi. Karena persaingan perebutan tahta, kerajaan ini dibagi jadi dua yaitu Kerajaan Kadiri beribu kota di Daha dan Kerajaan Janggala beribu kota di Kahuripan.

Ada banyak peninggalan-peninggalan Kerajaan Kahuripan diantaranya ialah:

  • Prasasti Pamwatan yang diketemukan di desa Pamotan, kecamatan Sambeng, Lamongan
  • Prasasti Pucangan

Nah itulah referensi dari situs Rangkuman Sekolah tentang kerajaan Hindu tertua di pulau jawa yang pernah berjaya hingga menguasai wilayah hingga sampai ke wilayah Malaka (Malaysia-Singapura). Semoga dapat meningkatkan wacana serta jadi rujukan riwayat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA