by

Corona, Umar, dan Takdir Allah

Kenapa? Umar dan ‘Amr berhasil menyelamatkan kaum muslimin dari serangan wabah yang lebih banyak. Umat diminta menajuhi wabah, mengisolasi ke gunung-gunung, dan menjauh dari keramaian.

Hasilnya: sebaran wabah pun terhenti. Lalu menghilang. Umar dan ‘Amr niscaya mendapat apresiasi Allah. Sesuai firman yang termaktub di kitab suci. Qur’an Surah A-Maidah 32 menyatakan: “Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya.”

Umar dan ‘Amr dalam sejarah Islam kelak tercatat sebagai khalifah yang berhasil mengemban amanah. Jujur, bijak, pintar, dan berwawasan luas. Kelak kisah Umar dan ‘Amr tersebut menginspirasi ilmuan Islam seperti Ibnu Sina, Al-Battani, dan Al-Kwarizmi untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan berdasarkan fenomena empiris.

Penulis: K.H. Dr. Amidhan Shaberah, Ketua MUI (1995-2015), Komnas HAM (2002-2007)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA