by

Cara Merawat Burung Kenari Agar Bersuara Indah

KOPI, Jakarta – Mempunyai hewan peliharaan salah satu hoby yang dipunyai beberapa orang. Tidak cuma hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tapi sebagian orang mempunyai hoby pelihara burung. Terdapat beberapa tipe burung yang bisa dijaga di rumah. Beberapa orang gmemiliki hoby pelihara burung sebab beberapa fakta. Ada yang tertarik sebab bulunya yang indah, potensi kicaunya atau tipe burung yang mempunyai nilai yang fenomenal. Salah satunya burung yang banyak dijaga ialah burung kenari. Pada artikel kali ini kami ingin mengulas cara merawat burung kenari agar bersuara indah.

Burung kenari atau Serinus Canaria jadi banyak yang ingin memeliharanya sebab burung ini ialah burung yang dapat menyanyi dengan benar-benar baik. Tidak bingung bila burung kenari banyak fansnya. Bulu burung kenari beberapa jenis serta membuat warna unik yang berlainan.

Mempunyai suara yang indah yang dapat keluarkan suara dengan suara yang berlainan, langkah menjaga burung kenari juga sangat gampang. Beberapa panduan buat kamu dapat memperoleh burung kenari yang sehat dengan suara yang indah kamu dapat baca langkah menjaga burung kenari ini.

Cara Merawat Burung Kenari

Burung kenari memang diketahui untuk tipe burung yang mempunyai banyak kelebihan. Mempunyai suara yang indah dengan suara serta irama tinggi sampai rendah dan mempunyai motif-motif bulu yang beragam serta berwarna-warni.  Mempunyai banyak daya tarik, langkah menjaga burung kenari kenyataannya tidak susah. Dikutip dari pengicau.net berikut ini tips menjaga burung kenari yang bisa saja referensimu.

Berikan Makanan Terbaik

Pelihara hewan tentunya memberikan pakan ialah unsur yang penting. Langkah menjaga burung kenari juga kamu perlu memperhatikan pakannya secara baik. Yakinkan kamu memberi pakan yang bergizi seperti datang dari kombinasi biji-bijian, telur puyuh rebus, kroto, sayuran fresh serta asinan telur sotong.

Penting diingat jangan memberi pakan yang terlalu berlebih. Burung kenari yang alami berat tubuh berlebihan umumnya akan jarang-jarang berkicau.

Cara Merawat Burung Kenari: Pemasteran Suara

Pemasteran ialah memberi suara burung pada burung kenari. Kamu dapat memakai suara burung dari rekaman musik yang ditempatkan di kandang dengan burung kenari peliharaanmu. Ini akan membuat burung kenari berlatih berkicau. Upayakan memberi training ini sepanjang 2 jam beruntun dengan cara teratur serta yakinkan volumenya kecil supaya burung kenari tidak takut.

Dimandikan dan Dijemur

Langkah menjaga burung kenari dengan memandikan serta menjemurnya dengan cara teratur. Memandikan burung kenari dengan disemprot sampai bulunya betul-betul basah rata. Sesudah dimandikan jemur burun kenari seputar 2 jam saat pagi hari. Kamu perlu memandikan burung kenari minimal 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Bersihkan Kandang

Tidak cuma bersihkan burung kenari, tempat atau kandangnya juga perlu kamu membersihkan juga. Ini adalah langkah menjaga burung kenari yang juga penting. Kebersihan kandang burung kenari akan memberi dampak kesehatan langsung pada si burung.

Pasti kamu tidak mau bila kotoran di kandang burung kenari akan berjamur serta memunculkan bakteri yang bahaya untuk kesehatan burung. Lihat kebersihan tempat maakn serta tempat minumnya.

Cara Merawat Burung Kenari: Hindarkan dari Pengganggu

Buat yang suka ikuti perlombaan burung kenari, pasti memberi waktu istirahat pada burung kenari sangat penting. Upayakan tidak untuk terdapatnya masalah waktu burung kenari istirahat. Timbulnya pengganggu bisa menyebabkan burung kenari jadi depresi serta akan berbuntut burung mati.

Rawat dengan Konsisten

Bila kamu ingin mempunyai burung kenari yang mempunyai suara indah serta tumbuh dengan aktif dan lincah, kamu perlu lakukan langkah menjaga burung kenari secara benar serta persisten. Dalam menjaga burung kenari memerlukan ketelatenan dalam merawatnya tiap hari. Burung kenari tidak keluarkan suara yang indah bila kamu cuma “sekedar” memeliharanya saja.

Untuk makanan burung kenari kamu dapat memberinya kombinasi biji-bijian yang dipasarkan di pasar, telur serta kroto, asinan, roti kering serta sayuran dan buah-buahan seperti selada, daun sawi, gambas, timun, apel, jagung muda,  wortel serta paprika.

Jenis Burung Kenari

Burung kenari yang bisa dijaga mempunyai banyak macamnya. Ada beberapa macam burung kenari yang bisa digolongkan berdasar karakteristiknya. Beberapa jenis burung kenari itu seperti berikut :

  • Kenari postur ialah burung kenari yang mempunyai postur badan unik.
  • Kenari vokalis yang mempunyai kelebihan dari suara kicauannya.
  • Burung kenari hybrid yang disebut hasil persilangan kenari dengan finch.
  • Burung kenari warna ialah burung kenari yang mempunyai keunggulan dalam warna bulunya.

Demikian tingkatan langkah menjaga burung kenari serta beberapa macam burung kenari yang bisa dijaga. Bila kamu sudah memeutuskan untuk pelihara hewan, kamu berkewajiban untuk merawatnya secara baik. Ditambahkan bila kamu suka ikuti perlombaan hewan peliharaan. Kunci merawatnya ialah persisten serta tekun.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA