by

Membuat Masker Anti-Virus Corona

KOPI, Jakarta – Temans. Saat ini harga masker gila-gilaan. Kenapa gak bikin sendiri? Gampang kok. Caranya, sediakan/beli kain — bagusnya kain katun yang ringan dan porinya tak terlalu mampat — potong sesuai selera. Yang penting lembarannya bisa menutup mulut dan hidung. Beli tali yang mulur di pasar. Juga kapas lembaran.

Bentangkan lembaran kapas seluas kain masker. Tali diikatkan ke pinggir kain untuk menyantolkan ke telinga (nyontoh masker yang ada).

Agar efektif membunuh visus corona, kapas lembaran tersebut ditaburi bubuk karbon aktif. Bisa juga bubuk karbon aktifnya dilarutkan dalam sedikit air, lalu lembaran kapas dicelupkan dalam larutan pekat karbon aktif tadi. Keringkan lembaran kapas basah tersebut.

Lembaran kapas yang telah mengandung karbon aktif ditaruh di atas kain tadi. Agar menyatu, keduanya dijahit. Kalau tak ada mesin jahit, jahitnya bisa pakai jarum. Jahitannya jarang-jarang saja agar gampang dibuka. Sehingga bisa dicuci dan kapasnya diganti setelah tiga atau empat hari.

Selesai. Gampang kan?

Oh ya. Karbon aktif bisa dibuat dari arang batok (bisa beli arang batok di pasar). Arang batok digerus sampai lembut. Bisa juga diblender. Bikin yang pekat. Kalo gak mau susah, beli pil hitam Norit di apotik. Norit digerus sampai lembut. Tebarkan bubuknya di atas lembaran kapas tersebut. Bisa pula bubuk Norit dilarutkan. Celupkan lembaran kapas pada bubuk Norit tadi.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA