by

50-70 Persen Populasi Dunia Akan Terkena Virus Corona, Sekitar 50 Juta Akan Mati? Pandemik di Era Media Sosial

Oleh: Denny JA

KOPI, Jakarta – Setelah virus corona menjadi pandemik, skenario terburuk apa yang mungkin? Seberapa banyak populasi dunia akan terjangkit virus itu? Berapa banyak pula kematian yang akan terjadi?

New York Times 14 Maret 2020 menurunkan tulisan yang cukup menyentak (Worst-Case Estimate For Coronavirus Deaths). Sebanyak 50 ahli pandemik dari berbagai universitas dan negara berkumpul membuat prediksi. Berdasarkan data yang ada, kecepatan penyebarannya, dengan asumsi tak ada perubahan penangan yang berarti, sebuah model prediksi dikembangkan.

Untuk penduduk Amerika Serikat, skenario terburuk: sebanyak 160 juta-214 juta penduduknya akan terkena virus corona. Sekitar 200 ribu – 1.7 juta penduduk Amerika Seikat akan mati.

Itu tak lain, 50-70 persen dari seluruh penduduk Amerika Serikat akan terkena virus. Sekitar 1 persen yang terkena virus akan mati.

Jika untuk negara yang sistem kesehatannya bagus saja seperti Amerika Serikat akan terkena sebanyak itu, bagaimana dengan penduduk dunia lain?

Katakanlah prosentasenya sama. Karena penduduk dunia kini 7 milyar, berarti inilah skenario terburuk yang mungkin terjadi. Sekitar 3.5 – 5 milyar manusia akan terkena virus. Satu persen dari itu, sekitar 35 juta- 50 juta penduduk dunia akan mati.

Ha??? 50 penduduk dunia pada waktunya akan mati terkena virus corona???

https://www.tokopedia.com/madubaduy

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA