by

Ulasan Singkat Karangan Feature

KOPI, Jakarta – Karangan Feature atau tulisan khas, merupakan salah satu jenis karya tulis di dunia jurnalistrik bergaya sastrawi. Sering kali digunakan sebagai sajian utama dalam sebuah media cetak maupun online, karena gayanya yang menarik sehingga pasti membuat pembaca tertarik.

Apa itu Karangan Feature?

Karangan Feature ini merupakan sebuah perpaduan antara berita dengan opini yang biasanya tidak hoax, tetapi nyata dan akurat. Bahasa yang digunakan pun ringan, mudah dipahami bahkan bergaya sastrawi seperti cerpen dan novel.

Dalam jenis tulisan satu ini, ia harus memiliki daya imajinatif tinggi. Biasanya bentuk tulisannya pun akan disertai dengan nilai informatif seperti kejadian di suatu perkara, runtutan peristiwanya, proses pembentukan hingga cara kerjanya.

Unsur-unsur Feature

Jenis tulisan feature ini memiliki beberapa unsur yang harus dipahami ketika akan menuliskannya. Penyampaian sebuah berita dengan cara berbeda, menarik tapi informatif ini bahkan dalam sebuah media akan diberikan harga tinggi.

Unsur umum dalam sebuah karangan ini yakni, berdasarkan sebuah fakta atau peristiwa nyata. Selain itu, juga akan dicantumkan opini penulis dengan bahasa menarik. Sebab bergaya bahasa layaknya novel dan cerpen. Dengan kata lain, juga mengandung human interest yang menggugah emosi.

Karakteristik Unik

Berbeda dengan berita pada umumnya, meskipun menjelaskan sebuah kejadian secara fakta dan actual, akan tetapi biasanya hanya “informasi” saja tanpa penjelasan. Sedangkan di dalam feature, ia ditulis lebih tajam meskipun dengan bahasa ringan.

Tulisan jenis ini dinilai lebih informatif karena, mampu menjelaskan sebuah peristiwa dengan detail, akan tetapi gaya yang menghibur dan ringan. Sehingga, banyak orang akan menjadi lebih paham ketika membacanya.

Dalam contoh feature juga memiliki karakteristik umum yang harus dipahami penulis. Jenis ini selalu dinilai kreatif karena kecermelangan idenya dalam menyampaikan berita. Selain itu, bersifat subjektif dan informatif akan tetapi menghibur dan menarik untuk di baca.

Demikian sedikit hal mengenai karangan feature dalam dunia jurnalis. Meskipun ia sebuah berita akan tetapi dengan penyampaian seperti itu akan membuatnya awet dan peduli akan keaktualan. Sebab penuturan yang menarik dan mendalam justru akan menambah nilai plus tersendiri. (APL/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA