by

Reaktor Daya Eksperimental, Kreasi Anak Bangsa untuk Ketahanan Energi Nasional

RDE berbasis pada tipe reaktor High Temperature Gas Cooled Reaktor (HTGR). Berpendingin gas helium, RDE masuk pada PLTN Generasi 4. Ini generasi PLTN yang paling tinggi tingkat keamanannya.

Betul, dulu pernah ada PLTN meledak. Radiasi tingkat tinggi tersebar ke mana-mana. Kejadiannya di PLTN Chernobyl, Ukraina (dulu bagian Uni Soviet). PLTN itu meledak 26 April 1986. Peristiwa tragis tersebut menjadi pelajaran, bagaimana seharusnya desain PLTN yang aman. Sejak tragedi Chernobyl, para pakar mencari formula, baik aspek konstruksi maupun pendingin PLTN yang save.

PLTN Chernobyl yang kurang aman tersebut berpendingin air. Ia masuk kategori PLTN Generasi 1 (PLTN G-1). Sedangkan PLTN Fukushima di Jepang yang rusak akibat terjangan tsunami masuk karegori PLTN G-2. Pendinginnya juga masih air.

Sebetulnya tingkat keamanan PLTN G-2 lebih tinggi dari PLTN G-1. Tapi terjangan tsunami yang sangat kuat, menyebabkannya goyah, lalu rusak, dan zat radioisotop yang radiasinya tinggi bocor. Kasus Fukushima pun jadi pelajaran lagi. Para pakar nuklir kembali tertantang untuk membuat desain PLTN yang aman dari guncangan gempa skala tinggi dan terjangan tsunami besar.

Kini, belajar dari kasus Chernobyl dan Fukushima, pakar desain PLTN sudah berhasil merancang PLTN G-3 dan G-4. PLTN G-3 tentu lebih aman dari G-2. Terus, PLTN G-4 lebih aman dari G-3. PLTN G-4 tingkat keamanan dan keselamatannya sangat tinggi. Kedepan para pakar nuklir niscaya akan terus memperbaiki tingkat keamanan PLTN. Sampai tahap zero risk.

Perlu diketahui, filosofi keselamatan dalam PLTN, menyangkut prinsip keselamatan kerja, masyarakat sekitar, dan lingkungan. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kasus Chernobyl dan Fukushima, PLTN G-4 akan aman. Ini karena desain reaktornya sudah dirancang bisa melindungi pekerja, masyarakat sekitar, dan lingkungannya. Aman dan ramah.

Sebenarnya jantung keselamatan PLTN berada pada desain bahan bakarnya. PLTN umumnya memakai bahan bakar Uranium-235 (U-235). Termasuk RDE.

Tapi desain bahan bakar RDE completely berrbeda dengan PLTN Chernobyl dan Fukushima. Bahan bakar RDE didesain seperti bola kecil (kernel). Kernel tersebut diselubungi atau di-coating dengan lapisan senyawa silikon karbida (SiC) atau carborundum.

Bawang Tunggal Madu (https://www.tokopedia.com/madubaduy)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA