by

5 Cara Pintar Mencari Kost Murah di Jakarta

KOPI, Jakarta – Setiap tahun ada beberapa puluh ribu mahasiswa/mahasiswi baru di beberapa universitas di Jakarta. Beberapa dari mahasiswa/mahasiswi baru itu datang dari beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karenanya beberapa ribu mahasiswa/mahasiswi baru yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia itu, tentu butuh sewa kost di Jakarta.

Sebagian dari ribuan mahasiswa/mahasiswi baru yang datang dari beberapa wilayah di Indonesia itu, bukan datang dari keluarga yang kaya. Hingga kiriman dana dari orangtua mereka benar-benar terbatas.

Dana yang terbatas ini harus dibagi-bagi untuk biaya kuliah, biaya makan, biaya beli buku, biaya sewa kost, dan biaya beberapa kepentingan yang lain. Oleh karenanya mereka harus dapat mengelola keuangan supaya tidak habis sebelum kiriman uang berikutnya datang.

Sayangnya, biaya hidup di Jakarta jauh lebih mahal daripada biaya hidup di kota-kota lainnya di Indonesia. Termasuk di sini biaya sewa kost yang lebih mahal daripada biaya kost di kota-kota lainnya di Indonesia. Tetapi anda masih dapat kok mencari serta mendapatkan sewa kost yang murah di Jakarta.

Inilah cara pintar cari sewa kost yang murah di Jakarta:

Melakukan survei terlebih dulu

Survei sendiri terdiri atas survei lewat cara online dan survei lapangan.Di jaman digital ini karena itu banyak pemilik kos-kosan yang mengiklankan kos-kosannya dengan online pada beberapa web. Jadi anda bisa melakukan survey lewat cara online untuk mencari Kost di Jakarta.

Survei lapangan maksudnya anda lihat langsung kos-kosan yang harga murah yang nama pemilik, nomor ponsel, serta alamat kos-kosan yang telah anda temukan hasil dari anda survey dengan online.

Beri waktu satu atau beberapa waktu untuk lakukan survey lapangan dari beberapa kamar kos-kosan yang telah jadi pilihanmu.

Manfaat dari survey lapangan ialah anda dapat tahu, apa kos-kosan sebagai target anda termasuk wilayah banjir atau tidak. Disamping itu anda dapat tahu apa wilayah sana terhitung wilayah yang rawan kejahatan atau tidak.

Cari Info di Internet

Seringkali kamar kos-kosan yang murah tidak pasang iklan, baik iklan di koran atau di internet. Umumnya pemilik dari kos-kosan murah menempatkan iklannya di tembok atau pintu rumah kos-kosan mereka.

Jadi waktu anda bepergian ke daerah manapun, mata anda melihat-lihat, siapa tahu ada iklan kos-kosan murah di tembok atau pintu rumah soal disewakan kamar kost.

Selain itu sebaiknya, anda pun memasang telinga, sehingga kalau anda dengar ada kamar kos-kosan murah, maka anda langsung bisa melakukan survei kesana.

Cari kos-kosan yang jauh dari kampus

Mencari kos-kosan yang jaraknya sekitar 3-5 km dari kampus. Karena semakin kos-kosan dekat sama kampus, maka harga sewanya akan semakin mahal.

Tentunya, jangan terlalu jauh dari kampus, hingga anda harus naik kendaraan ke kampus. Jangan sampai anda hemat sewa kost, tetapi anda mesti bayar ongkos untuk ke kampus. Sama juga bohong.

Cari kos-kosan yang dekat dengan warteg

Jangan sampai anda hemat sewa kost, tetapi anda harus makan dengan harga yang lebih mahal. Lebih baik cari tempat kost yang dekat dengan warteg, karena bagaimanapun, biaya sehari-hari jauh lebih penting daripada biaya kost itu sendiri.

Boleh masak sendiri

Cari pemilik kost yang memperbolehkan anda masak sendiri sehingga anda bisa hemat pengeluaran buat makan setiap bulannya. Dan saat anda sedang malas masak maka ada warteg yang siap menemani anda.

Ada waktunya anda mesti berhemat saat hidup sendirian di perantauan, hingga anda harus cari tempat kost yang murah di Jakarta. Kost yang murah bisa menjadi tambah murah jika satu kamar dapat dipakai oleh dua atau tiga orang. Benar apa benar? Yah tentu benar lah.

Tetapi anda harus dapat memilih rekan kamar di kost anda, janganlah sampai rekan kamar kost anda jadi lawan anda sebab sifatnya buruk.

Itulah 5 cara pintar mencari kost murah di Jakarta yang bisa anda terapkan.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA