by

Menakar Kesiapan BUMN Menapaki Era Industri 4.0 dan Peleburan Bisnis Sampingan BUMN

KOPI, Jakarta – Seminar Nasional BUMN diadakan di hotel Grand Sahid Hotel Jakarta, Rabu, 5/02/2020. Menurut pandangan DPR dari Komisi VI DPR RI Mohammad Toha, amat diperlukan kesiapan perusahaan BUMN untuk masuk industri 4.0.

Industri 4.0 merupakan gabungan perkembangan sistem teknologi fisik, digital, dan biologis yang merubah cara hidup manusia hingga menghasilkan kecerdasan buatan atau Internet of Things (IoT), kendaraan otonom, Big Data, Cloud Computing, Neuroteknologi, 3D Printing, dan masih banyak lagi.

Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi modal utama yang sangat penting dalam mengaplikasikan teknologi terbaru, apalagi untuk mengimplementasikannya di sektor industri. Peningkatan kualitas SDM harus dilakukan secara komprehensif dan juga berkesinambungan agar perusahaan dapat beradaptasi lebih cepat serta berjalan maksimal.

Dapat ditarik benang merah dari apa yang disebutkan, bahwa pada kondisi melakukan persiapan pemerintah haruslah dapat memenuhi semua elemen pendukung kesiapan perusahaan BUMN dalam memasuki era Revolusi 4.0, agar apa yang dijalankan dapat benar-benar maksimal dan baiknya sustainabilitas perusahaan dapat terjaga.

Salah seorang peserta seminar perwakilan dari Sucofindo, Usman, mengatakan bahwa banyak teknologi yang mangkrak. “Banyak teknologi yang mangkrak, sudah kebeli mangkrak, sucofindo perlu memberikan solusi agar kami siap,” urai Usman.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA