by

Kades Pardomuan Ajibata Dukung Rafting sebagai Wisata Baru

KOPI, Ajibata – Kepala Desa Pardomuan Ajibata, Tambatua Sirait, sangat mendukung dan bangga atas upaya Pokdarwis mengembangkan wisata rafting di Desa Pardomuan Ajibata. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Tobasa, telah mulai mengembangkan obyek wisata baru mini rafting di aliran air terjun Batu Papan.

Tambatua Sirait menyampaikan kepada media (12/02/2020) bahwa selaku Kepala Desa, dirinya selalu memotivasi dan mendorong Pokdarwis Pardomuan Ajibata untuk selalu berinovasi memajukan wisata di Pardomuan Ajibata. “Saya sangat mendukung upaya Pokdarwis ini. Saya selalu mendorong mereka agar terus berinovasi untuk memajukan Desa Pardomuan Ajibata sebagai desa wisata dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapTambatua.

Tua Sirait mengajak masyarakat dan pengunjung untuk mencoba dan menikmati pesona mini rafting yang ada di Desanya sebagai wahana permainan baru di Ajibata. “Bagi siapa yang ingin merasakan sensasi mini rafting, silahkan datang ke air terjun Batu Papan,” tambah Tua.

Pengembangan mini rafting ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan menuju air terjun yang masih terbilang alami dan jarang dikunjungi wisatawan. Selain memiliki panorama alam yang indah, air terjun Batu Papan yang bermuara ke Danau Toba ini mulai dilirik pengunjung sejak tahun 2018 silam.

Ketua Pokdarwis, Oliver Siagian juga mengatakan, pada tahun 2019 awal telah dibuka akses jalan menuju air terjun ini. “Sudah dilakukan perbaikan jalan namun masih belum tuntas, meski demikian kita harapkan jumlah pengunjung akan terus bertambah khususnya penikmat olahraga rafting sembari kita lakukan pembenahan lainnya,” ujar Oliver.

Debit air yang tidak terlalu besar dimanfaatkan Pokdarwis untuk mengembangkan mini rafting. Sebelumnya telah dilakukan uji coba oleh komunitas rafting Medan, dan spot tersebut dinyatakan layak untuk digunakan sebagai spot mini rafting dengan rute sepanjang 1,5 Kilo Meter.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA