by

Hasil Survei IDM, Elektabilitas dr. Yessy Tertinggi untuk Pilkada Karawang

KOPI, Karawang – Indonesian Development Monitoring (IDM) merupakan salah satu Lembaga Survei yang memonitor hasil perhitungan suara, popularitas serta elektabilitas pada Pilpres dan Pilkada di seluruh Indonesia. IDM mengadakan acara dalam rangka memaparkan hasil survei yang diperoleh, sebagai pembicara adalah Bin Firman Tresnadi selaku Direktur Eksekutif IDM, juga di hadiri oleh dr. Yessy Karya Lianto Mars salah satu bakal calon Bupati Kabupaten Karawang.

Acara berlangsung di Cafeholic Galuh Mas, Rabu (5/02/2020), Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Direktur Eksekutif IDM, Bin Firman Tresnadi memaparkan hasil survei elektabilitas dan popularitas dari masing-masing calon yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

Survei dilakukan di 30 (Tiga Puluh) Kecamatan, mulai tanggal 5 sampai 15 Januari 2020, jumlah respondennya 1316 yang tersebar secara proporsional, pekerjaan yang mendominasi adalah buruh. Dari hasil survei yang diperoleh, ada tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Karawang, ada 52,3 % yang merasa tidak puas dengan kinerja Pemerintah Kabupaten Karawang, 30,6 % merasa puas, dan 17,1 % yang tidak memberikan pendapat.

“Ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Karawang bisa dilihat dari indikator kemampuan ekonomi, masyarakat merasa selama 4 (Empat) terakhir ini lebih dari 70% merasa pendapatannya kurang atau menurun,” jelas Firman.

Lebih lanjut, penurunan pendapatan ini diperkuat dengan sebanyak 60,3 % responden menyatakan kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan di Kabupaten Karawang. “30 % menjawab banyak lapangan pekerjaan, dan 9,1 % tidak menjawab,” kata Firman.

Kemudian, mayoritas masyarakat Karawang sudah mengetahui akan diadakannya Pilkada pada tahun ini, 52,7 % sudah mengetahui siapa calon yang akan mereka pilih, 43 % tidak mau tahu, maka dapat disimpulkan potensi untuk golput itu tinggi.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA