by

Gondang Naposo Bulung Tomok Sukses Digelar

KOPI, Samosir – Gondang Naposo bulung Tomok bius Tomok yang dilaksanakan di desa Tomok yang telah berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7 – 9 Februari 2020 dibuka langsung Bupati Samosir, Rapidi Simbolon. Pada acara tersebut, Bupati didampingi Camat Simanindo Hans Sidabutar, KadisBudpora Waston Simbolon, Kepala desa Tomok Hotman Sidabutar dan Kepala desa Tomok parsaoran Mangiring Sidabutar.

Tampak hadir juga di pembukaan, Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, Kadis PPMD Sormin serta Kabid Promosi Dinas Pariwisata Ibu Shanty br Harianja. Masyarakat dan pengunjung antusias menyaksikan rangkaian kegiatan itu, termasuk wisatawan luar negeri, turut berbaur dan menghadiri kegiatan acara pembukaan.

Dalam kata sambutannya, Bupati Samosir sangat bangga dan senang serta berharap kiranya dengan adanya kegiatan pesta Naposo Bulung Tomok ini dapat menambah gairah pariwisata Kabupaten Samosir, khususnya Tomok. “Terimakasih pada seluruh pendukung dan sponsor yang ikut berperan didalam dan berkontribusi didalam penyelenggaraan event Gondang naposo ini,” ucap Bupati Samosir di awal kata pembukaan.

Kegiatan ini didukung Smartfren dan OPPO dan pihak lainnya. “Bahwa Event gondang Naposo, yang dilaksanakan hari ini, Saya lihat merupakan suatu yang sangat bagus, karena bisa menunjukkan wisata kulinernya sendiri. Kalo dilihat nanti malam pasti makin rame, saya yakin itu,” lanjut Bupati, yang langsung mendapat tepuk tangan dari para pengunjung dan muda-mudi.

Event pesta naposo yang biasanya dilaksanakan 3 (tiga) tahun sekali. Namun untuk selanjutnya akan dilaksanakan tiap tahun. “Yang saya minta, ini harus dilaksanakan tiap tahun, dengan catatan pemberdayaan dari anak-anak muda kita harus diutamakan. Saya minta Kadis Pariwisata supaya mencatat ini menjadi event tahunan,” lanjut Bupati Samosir.

Ucapan dan janji bupati samosir ini salah satu bentuk dukungan kemajuan daerah pariwisata di kecamatan Simanindo khususnya Desa Tomok. Seperti kita tahu, Tomok salah satu pintu gerbang masuk nya para wisatawan ke kabupaten Samosir.

Ricardo Hutajulu, Kepala Dinas pendidikan Samosir yang turut serta menghadiri event Gondang naposo Tomok dalam rombongan Bupati Samosir mengapresiasi perhelatan itu. “Dinas pendidikan sangat mengapresiasi kegiatan ini.dimana kegiatan ini telah membantu menanamkan dan. Melestarikan budaya batak,” ucap Kepala Dinas Pendidikan. 

Kegiatan gondang Naposo kali ini melibatkan para anak didik, yang ikut dalam berbagai lomba kreasi tari yang bernuansakan budaya batak. “Kegiatan ini sangat positif dan mengedukasi. Para siswa diedukasi memahami artinya budaya, sehinga tergugah untuk melestarikan budayanya.Budaya batak adalah budaya yang perlu dilestarikan dari generasi ke generasi. Memiliki makna filosofi kehidupan yang sangat dalam,” lanjut kadis pendidikan.

Kegiatan acara dilanjutkan denganmembuka GONDANG serta menari bersama para Orang Tua dan Tetua kampung dengan para Anak Muda dan juga para Tamu Undangan. (feri)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA