by

Dinas Pariwisata Muratara Gencar Promosikan Wisata Unggulan

KOPI, Muratara – Di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), banyak objek wisata potensial yang sudah terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Hal itu berkat upaya pemerintah daerah yang terus gencar melakukan promosi.

Jumlah wisatawan yang berkunjung, terus meningkat. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung ke objek wisata. Pastinya, kebutuhan oleh – oleh khas Muratara menjadi incaran para wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Muratara Titin Martini, menjelaskan “Tahun 2020 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan memberdayakan pemandu wisata, mengingat destinasi wisata, Kabupaten Muratara sudah bermunculan,” ujarnya.

Selain destinasi wisata yang memang sudah tidak sedikit pengunjungnya seperti destinasi danau rayo, destinasi bukit layang, destinasi goa napalicin, destinasi air terjun dan msh banyak destinasi yg lainnya seperti taman bunga simpang nibung. Jadi masyarakat penggiat wisata mulai menyadari bahwa destinasi wisata sudah dapat diperhitungkan dari sisi income.

Oleh sebab itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak bisa memandang sebelah mata atas geliat-geliat yang ada di Muratara. Perangkat yang penting  untuk  menarik wisatawan adalah pemandu wisata.

“Pemandu wisata ini di tahun 2019 sudah dilatih dengan ilmu kepariwisataan, sebab itulah SDM yang telah menimbah ilmu kita tuntut  untuk action di tahun 2020 ini, harapan pemerintah ilmu yg telah diberikan dapat diterapkan sehingga pariwisata Muratara menjadi terdepan serta destinasi wisata Muratara menjadi unggulan di Sumatera Selatan,” jelas Titin.

Kabupaten Muratara memiliki beberapa tempat wisata unggulan yakni Danau Rayo, Danau Bukit Layang, dan Taman Bunga Agropolitan yang merupakan objek wisata yang menarik dan cukup terkenal di Kabupaten Muratara.

Destinasi Wisata Danau Rayo

Danau Rayo merupakan satu-satunya objek wisata di Kabupaten Muratara yang berada tepat di tengah-tengah daerah. Wisata ini terletak di Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, hanya sekitar 15 menit saja dari pusat ibukota, keindahan Danau Rayo memiliki daya tarik tersendiri, sebab danau alami ini menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Demi memanjakan mata wisatawan juga disediakan perahu untuk berkeliling danau dengan biaya yang cukup terjangkau, selama berkeliling danau, para wisatawan bisa menikmati kejernihan air Danau Rayo dan keindahan alam di sekelilingnya yang masih asri. Sejumlah fasilitas pendukung juga telah disediakan bagi wisatawan, seperti mushola, tempat istirahat, warung makan, toilet, dan sebagainya.

Destinasi Wisata Danau Bukit layang

Danau Bukit Layang diresmikan pada tahun 2017, terletak di Desa Bukit Ulu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, untuk menuju wisata ini membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum) menuju Desa Bukit Ulu.

Objek wisata yang satu ini memiliki keasrian alam yang tak kalah indah dengan latar belakang perbukitan yang menakjubkan, selain menikmati keindahan alam, di sini para wisatawan bisa naik perahu berselancar di danau dan berenang di air yang jernih.

Di lokasi ini juga disediakan tempat pemancingan ikan bagi wisatawan yang hobi memancing, sejumlah fasilitas pendukung juga telah disediakan bagi wisatawan, seperti tempat istirahat, warung makan, toilet, dan sebagainya.

Destinasi Taman Bunga Agtopolitan

Taman Bunga Agropolitan tengah hits di Kabupaten Muratara, karena baru diresmikan jelang pergantian tahun 2019-2020 ini, lokasinya berada di Desa Simpang Nibung, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, hanya lima menit dari Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum).

Objek wisata ini merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibuat menggunakan Dana Desa (DD) Desa Simpang Nibung tahun anggaran 2019. Di sini pengunjung disuguhkan hamparan berbagai macam jenis bunga dengan pola warna-warni yang amat cantik dan menawan.

Selain itu pengunjung juga disediakan pondok-pondok kecil atau saung untuk beristirahat dari berkeliling taman. (Vhio)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA