by

Lebih Baik Beli Mobil Baru atau Bekas?

KOPI, Jakarta – Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan untuk membeli mobil, kemungkinan besar Anda ragu mana yang lebih baik, pilih mobil bekas atau baru. Dengan harga mobil baru yang setiap tahun terus naik membuat banyak orang beralih ke mobil bekas.

Jadi , apabila Anda jeli dalam memilih mobil bekas sehingga bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas serta terawat, kemampuan mobil bekas pada kenyataan nya tidak akan jauh berbeda dengan mobil baru.

Buat memantapkan pilihan, pastikan Anda sudah mempertimbangkan 5 kelebihan membeli mobil bekas berikut:

Dengan budget yang sama, Anda akan mendapatkan mobil dengan fitur serta kualitas yang lebih bagus apabila memilih mobil bekas. Contohnya dapat kita lihat pada mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang sedang banyak peminatnya saat ini.

Banyak pembeli yang memilih mobil LCGC baru karena harganya yang terjangkau. Namun, bila kita simak lebih jauh, pelat body serta bumper plastik pada mobil LCGC terkesan ringkih, selain itu kenyamanan berkendara kurang bisa dirasakan pada mobil LCGC.

Dengan kisaran harga yang sama, memilih mobil bekas dapat memberikan kualitas serta kenyamanan yang lebih, meskipun Anda tidak memperoleh “gengsi mobil baru”.

Alasan utama konsumen memilih mobil bekas yakni harga mobil bekas yang jauh lebih rendah ketimbang mobil baru. Selain itu, jika kita lihat dari sisi harga jual ke depannya, mobil baru mengalami penurunan harga yang signifikan, diperkirakan penurunan harga mobil baru bisa mencapai sekitar 20% di tahun pertama.

Penurunan nilai mobil kian mengalami penurunan di tahun berikutnya, sehingga pemilik tangan pertama merasakan kerugian yang paling besar. Lebih baik orang lain yang menanggung nya daripada Anda sendiri kan?

Untuk Anda yang akan membeli mobil dengan cara kredit, membeli mobil bekas mempunyai banyak kelebihan. Apabila Anda membeli mobil baru, pada umumnya down payment yang dikeluarkan akan lebih besar sebab harga yang lebih mahal. Premi asuransi bulanan juga semakin lebih mahal.

Apabila Anda memilih mobil bekas, tingkat bunga dari bank untuk credit mobil sisa umumnya lebih rendah. Pada harga yang tambah murah serta bunga yang rendah, tentu saja ongkos bulanan yang Anda harus tanggung jadi tambah lebih mudah.

Proses pembelian mobil baru dapat memakan banyak waktu cukup lama. Sebelum mobil siap dibawa pulang, Anda harus mengurus STNK serta BPKB mobil terlebih dahulu yang dapat memakan waktu 2-3 bulan.

Belum lagi jika Anda ingin membeli mobil yang banyak peminatnya, biasa nya ada “proses inden” yang bisa perlu waktu beberapa bulan tergantung permintaan dari pembeli.

Sebaliknya apabila Anda sudah menemukan mobil bekas yang sesuai dan diminati, Anda bisa langsung mengendarai mobil tersebut setelah melakukan pembelian karena mobil sudah siap pakai dan surat-surat sudah tersedia.

Hal lain yang harus Anda ingat ialah biaya pajak kendaraan bermotor yang dibebankan untuk mobil yang Anda beli. Biaya pajak untuk mobil keluaran tahun lama lebih rendah daripada mobil keluaran terbaru.

Besarnya pajak akan cukup terasa apabila Anda berencana membeli mobil mewah atau mobil di atas harga Rp 500 juta.

Setelah membaca tips di atas, mana yang bakal Anda pilih, beli mobil bekas atau baru? Dengan semua kelebihan di atas, salah satu kekurangan menentukan mobil bekas adalah memastikan kualitas mobil incaran Anda sebelum dibeli.

Bagi yang awam, ada baiknya Anda mengajak teman atau mekanik kenalan yang berpengalaman dalam mengecek mobil bekas. Atau lebih baik gunakan jasa pemeriksaan mobil bekas profesional.

Daripada rugi salah memilih mobil bekas yang dapat mengakibatkan biaya juta-an rupiah, cek dan pastikan kondisi mobil bekas pilihan Anda sebelum melakukan pembelian.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA