by

Anies Berharap Donasi Melalui Bulan Dana PMI Terus Meningkat

KOPI, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap, penggalangan donasi Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) di DKI Jakarta pada tahun 2020 bisa meningkat dibandingkan pencapaian tahun lalu. Anies mengatakan, donasi yang terkumpul melalui Bulan Dana OMI Tahun 2019 mencapai Rp 26,9 miliar atau meningkat 35 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp 19,8 miliar.

“Kalau tahun 2019 sudah capai 35 persen, selanjutnya di atas 35 persen. Jakarta ini peluangnya cukup besar dan target khusus peningkatan di Jakarta Timur karena jumlah penduduknya lebih besar dibandingkan wilayah lain di Jakarta. Insya Allah nanti bisa terkumpul lebih banyak,” ujarnya, Kamis (13/2/2020).

Anies menjelaskan, tugas kemanusiaan yang diemban PMI harus ditopang oleh semua pihak. Salah satu caranya dengan membantu dalam hal pembiayaan.

“Tentu dari Pemprov DKI sendiri kita secara rutin memberikan alokasi anggaran untuk PMI. Tapi, yang tidak kalah penting adalah bantuan dari seluruh masyarakat,” terang Anis.

Anies menginginkan, kegiatan Bulan Dana PMI memiliki efek yang lebih tinggi untuk membangun kesadaran masyarakat dalam hal kemanusiaan.

“Kolaborasi kita dengan PMI kita teruskan. PMI di DKI Jakarta mungkin bisa menjadi contoh bagaimana terobosan-terobosannya bisa diimplementasikan di wilayah-wilayah lain di Indonesia,” ungkap mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Ketua Panitia Bulan Dana Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, Catur Laswanto menambahkan, pihaknya akan melakukan persiapan yang matang untuk mencapai target yang diinginkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kita akan all out untuk bisa meningkatkannya. Kita harus mulai betul-betul melakukan persiapan dan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada,” ucap Anis lagi.

Menurutnya, salah satu strategi yang akan dilakukan adalah melakukan koordinasi yang lebih intensif dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Kita juga akan melakukan monitoring secara berkala untuk pencapaian penggalangan donasi yang lebh maksimal,” imbuhnya.

Sekretaris PMI Provinsi DKI Jakarta, Bambang Subekti menuturkan, Bulan Dana PMI bukan semata-mata untuk mengumpulkan dana, tetapi lebih dari itu juga untuk mewujudkan rasa gotong-royong masyarakat untuk menolong sesama.

“Mudah mudahan hasil yang dikumpulkan ini bermanfaat juga buat masyarakat karena semuanya akan kita kembalikan buat masyarakat,” tandasnya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA