by

Tahun Gajah dan Quran

Catatan Syaefudin Simon dari ngobrol-ngobrol dengan Buya Syakur Yasin di rumah duka KH Ma’mur Nur, Tegalgubug, Arjawinangun, Cirebon (Senin 20/1/2020).

KOPI, Bekasi – Apa itu tahun gajah? Yaitu, tahun ketika Raja Abraha datang dengan pasukan gajah hendak menyerang Hijaz dan menghancurkan Ka’bah. Tahun gajah sangat terkenal dalam literasi sejarah Islam. Bahkan AlQuran mengisahkan kejadian tersebut dalam surah al Fiil.

Demikian terkenal dan agungnya kekuasaan Allah dalam menghancurkan tentara gajah (konon dgn mengerahkan burung yang membawa bara api neraka dan ditimpakan pada pasukan gajah), sehingga tahun gajah sangat monumental dalam tarikh Islam. Lebih monumental lagi karena penulis tarikh Nabawi mengaitkannya dengan kelahiran Rasulullah Muhammad.

Nabi Muhammad dilahirkan pada tahun gajah. Ini menggambarkan keagungan Rasul sekaligus memonumentalkan tahun kelahiran Muhammad. Tapi apa kata sejarawan revisionis setelah melacak sejarah penyerangan Abraha ke Tanah Hijaz? Ternyata, kedatangan tentara Abraha tersebut terjadi pada tahun 20 sebelum Rasul lahir. Jadi lucu mengaitkan kelahiran Rasul dengan tahun gajah.

Tidak benar Rasul lahir pada tahun gajah, kata Buya Syakur Yasin di rumah duka almarhum KH Ma’mur Nur, Senin lalu. Tahun penyerangan tentara Abraha ke Hijaz terjadi pada tahun ke 20 sebelum Muhammad lahir.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA