by

SCG Indonesia Hidupkan Kesadaran Masyarakat Akan Manfaat Sumber Daya

KOPI, Jakarta – Perusahaan konglomerasi terkemuka di ASEAN SCG mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berbuat nyata guna mewujudkan kehidupan berkelanjutan melalui praktek ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu terungkap melalui acara SCG Sustainable Development (SD) Symposium Indonesia 2020 Circular Economy and Collaboration for Action, yang digelar di Jakarta pada Rabu 22 Februari 2020.

Untuk pertama kalinya forum para pemimpin global ini untuk digelar di Indonesia yang bertujuan untuk saling berbagi pengalaman implementasi ekonomi sirkular, baik di bidang bisnis, birokrasi, maupun komunitas. Kemudian melakukan kolaborasi diantara para pemangku kepentingan terkait, untuk mewujudkan praktek ekonomi sirkular dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Wiroat Rattanachaisit, Country Director SCG Indonesia menjelaskan bahwa hal ini dilatarbelakangi oleh kesadaran bersama akan pentingnya ekonomi sirkular untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan serta SCG menyadari bahwa kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan dalam mengimplementasikan konsep ekonomi sirkular. “Sebagai negara dengan populasi terbesar di ASEAN dan merupakan salah satu negara terkuat dari sisi ekonomi dan politik, posisi Indonesia sangat strategis untuk menjadi negara pendorong praktek ekonomi sirkular, tidak hanya di kawasan ASEAN. bahkan dunia,” ulas Rattanachaisit.

SCG Welcoming Circular 2020 in Jakarta ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa berperilaku sirkular. Artinya, mulai dari mengedukasi hingga memberi contoh untuk menggunakan sebesar-besarnya manfaat dari sumber daya, dan menekan semaksimal mungkin jumlah sampah atau limbah. Dengan kata lain, konsepnya adalah make, use, return.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA