by

Kenali Pengertian Mikroskop dan Fungsinya

KOPI, Jakarta – Apakah Kamu tahu, apa pengertian mikroskop dan fungsinya? Jenis alat optik tersebut banyak digunakan baik dikalangan pelajar maupun ilmuan dalam berbagai penelitian. Terutama bagi mereka yang melakukan riset untuk kepentingan tertentu.

Apa itu Mikroskop?

Istilah Mikroskop memang tidak asing lagi ditelinga, terutama di kalangan para pelajar. Tentunya banyak di antara Anda telah mengetahui pengertian mikroskop dan fungsinya. Dimana alat optik ini ditemukan oleh ilmuan bernama Van Leewnhoek yang sangat berperan dalam ilmu pengetahuan.

Mikroskop berasal dari bahasa latin dan terdiri dari dua kata yaitu “mikro” berarti kecil, serta “scopein” artinya melihat. Jadi secara etimologi bisa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk melihat benda kecil tidak dapat dilihat oleh mata langsung (kasat mata).

Dengan hadirnya Mikroskop, sangat bermanfaat dalam dunia ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang mikrobiologi. Dimana alat optik ini banyak digunakan para ilmuan untuk melakukan sebuah penelitian.

Jenis dan Fungsi Mikroskop

Seperti diketahui bahwa Mikroskop memiliki fungsi utama yaitu, digunakan untuk memperbesar bayangan benda kecil hingga 1000 kali lipat dari aslinya yang tidak terlihat mata telanjang.

Sebagaimana yang dilansir dari situs Bungdus, alat optik ini memiliki beberapa jenis dengan fungsi masing – masing. Seperti:

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA