by

Panduan Cara Membuat Denah Jalan Sederhana

KOPI, Jakarta – Bagi sebagian orang, cara membuat denah jalan yang sudah umum dilakukan pun masih terbilang membingungkan dan sulit. Kesulitan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya adalah tidak tahu arah mata angin, kurang mahir dalam menggambar dan belum berpengalaman.

Berikut ini akan dipaparkan dengan sangat rinci bagaimana cara membuat denah jalan sederhana, dengan menggunakan alat tulis manual seperti halnya pensil, spidol dan pewarna. Kiranya hal tersebut bisa memudahkan Anda dalam menciptakanya.

1. Menyiapkan Seluruh Perlengkapan

Sebelum mulai menggambar denah jalan, maka persiapkan terlebih dahulu semua perlengkapan supaya nanti di tengah-tengah proses menggambar tidak ada kekurangan lagi. Perlengkapan tersebut meliputi, Kertas berukuran A4, Pensil, Penghapus, Penggaris, Spidol, Pewarna dan Meja gambar atau alasnya.

2. Membuat Garis Tepian Kertas

Selanjutnya, buatlah garis tepian kertas yang berguna sebagai pembatas gambar supaya terlihat rapi dan lebih simetris. Gunakan juga penggaris panjang supaya nanti hasilnya benar-benar lurus dan terkesan formal.

3. Menentukan Arah Mata Angin pada Denah

Salah satu hal yang sangat penting pada gambar denah jalan rumah adalah keberadaan mata angin sebagai penunjuk jalan. Jika hal tersebut tidak dicantumkan, bisa dipastikan sang pembaca akan kesulitan serta bisa terjadi kesalahpahaman.

Buatlah arah mata angin dengan posisi utara di atas, selatan di bawah, barat di sebelah kiri dan arah timur di kanan dengan jelas.

4. Mulai Menggambar Denah

Tahapan dari proses menggambar denah yang tepat agar terlihat seperti buatan jasa desain rumah ternama adalah:

  • Tentukan langkah awal dan tujuan akhir pembuatan denah.
  • Gambarlah tempat awalah denah jalan terlebih dahulu.
  • Buatlah garis-garis jalan dengan rapi dan tertata.
  • Gambarlah tempat-tempat penting yang sekiranya bisa dijadikan penanda serta berikan keteranganya dengan jelas.
  • Berikan nama jalan secara jelas termasuk juga persimpangan, perempatan maupun pertigaan.
  • Jika semua jalan dan keterangan telah selesai dibuat, kini saatnya menggambar tempat tujuan akhir denah dengan lebih besar daripada lainya supaya terlihat jelas.
  • Rapikan dan berikan pewarnaan jika diperlukan.

Itulah sekilas pembahasan tentang bagaimana cara membuat denah jalan sederhana dan mudah dilakukan di mana saja. Kiranya informasi yang diberikan ini bisa diambil manfaatnya sehingga kemampuan menggambar Anda semakin berkembang.(*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA