by

Muhammad yang Smart dan Pinter Membaca

Setelah saya telusuri, jelas Buya Syakur, kata Ummi itu makna yang sebenarnya adalah lokalitas. Maksudnya Muhammad itu lahir di kampung dan budaya Arab sehingga Islam tak layak dianggap agama aneh dan pinggiran seperti dinyatakan Abu Jahal dan rekan rekannya.

Yang perlu diketahui, ungkap Buya Syakur, Islam itu tidak lahir di tempat yang kosong. Saat itu, agama Nasrani dan Yahudi berkembang duluan di Jazirah Arab. Melihat munculnya banyak Mazhab di kedua agama, Muhammad hadir untuk meluruskannya. Tapi tak berarti semua mazhab atau aliran dalam Yahudi dan Kristen salah.

Khadijah dan pamannya Waraqah adalah pengikut Nasrani yang taat dan benar. Mereka pun membenarkan Muhammad. Jadi, dulu itu, antara Islam, Nasrani, dan Yahudi yang lurus — bersatu membangun persaudaraan umat yang damai dan saling membantu. Itulah makna ummat yang dikumandangkan Muhammad dalam Piagam Madinah.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA