by

Mengenal Bagian Fasilitas Studio Televisi

Dalam hal pemakaiannya, apakah user baik produser dalam atau luar menggunakan tanpa adanya planning/ rencana? Tentu tidak. Para user (selanjutnya sebut saja produser) atau produser melakukan produksi tentu melalui tahap perencanaan dengan booking studio terlebih dahulu, melakukan konfirmasi apakah studio sudah digunakan oleh produser lain atau belum? Hal ini supaya tidak tejadi dalam waktu yang sama ada dua program atau lebih menggunakan studio dengan fasilitas yang sama.  Lalu siapakah yang menjembatan atau membuat jadwal pemakaian studio?  Inilah tugas tim studio, melakukan penjadwalan pemakaian studio dan revisinya secara menyeluruh (mengingat studio tidak hanya satu tetapi mungkin hingga lima buah studio). Penjadwalan pemakaian ini juga sewaktu- waktu dapat berubah sehingga 24 jam bisa dilakukan revisi atas permintaan dari produser, mengingat jaman now kan jaman online.  Jadi produser tengah malampun dapat melakukan revisi pemakaian studio juga bisa terjadi sehingga jadwal studio secara otomatis juga dilakukan revisi.

Penjadwalan studio saja belum selesai. Pada saat set up, terutama deckorasi dan artistik, lighting, sound dan lainnya yang dilakukan satu atau dua hari sebelumnya, tim studio juga mengurus surat perizinan atau loading barang supaya barang dari luar studio baik terutama barang sewa dari suplier luar bisa masuk. Perizinan ini bukan dilakukan hanya satu pihak tim studio, melainkan berhubingan dengan pihak luar yakni bagian terkait, pihak keamanan dan suplier dari luar yang menyediakan barang sewa.  Lalu, siapa yang menjembatani masuknya fasilitas untuk produksi ini?

Madu Baduy
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA