by

Ketika yang Berkuasa Ingin Layanan Seksual

Kisah Serial Sexual Harassment di FOX NEWS (Film Bombshell, 2019)

Oleh: Denny JA

KOPI, Jakarta – Ia berteriak kencang sekali. Semua di ruangan itu terdiam. “JIka saya jatuh, seluruh jaringan Fox News akan jatuh. Karir anda semua akan jatuh. Jangan diam. Bergerak. Cari solusi.”

Itulah perintah dari Roger Ailes, pimpinan tertinggi di stasiun TV yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat.

Ia kaget alang kepalang. Salah satu pembawa berita, anak didiknya sendiri, Gretchen Carlson (diperankan oleh Nichole Kidman), menuntutnya secara hukum untuk kasus Sexual Harassment.

Pimpinan program, para pembaca acara lain, reporter, saling menatap. Bisu. Isu pelecehan seksual yang acapkali mereka bicarakan bisik-bisik, takut-takut, kini menjadi berita di seantaro Amerika Serikat.

Roger Ailes, sang tertuduh, sudah mengeluarkan fatwa. Sebagian dari mereka berhutang budi pada Roger. Ia yang membuat mereka bekerja di jaringan berpengaruh. Kehidupan mereka terangkat.

New York Times, 2016, mencatat dan memberitakan bagaimana orang per orang di FOX NEWS membela sang Boss, Roger Ailes, di akun media sosial masing-masing.

Mereka mendukung Sang Boss dengan redaksi yang bervariasi. Inti pesan mereka. “Saya sudah menanyakan kepada puluhan para reporter dan pembawa acara wanita. Apakah mereka pernah mengalami sexual harassment di Fox News? Semua membantah. Ini hanya tuduhan orang yang sakit. Ia kecewa karena karirnya memburuk.”

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA