by

Kenali Bahaya Alat Pemanas Air Berikut Ini

KOPI, Jakarta – Zaman sekarang, alat rumah tangga dibuat semakin canggih. Jika dulu untuk memanaskan saja harus memakai api atau kompor, namun sekarang hadir alat pemanas air menggunakan energi listrik. Tetapi, apakah Anda tahu ada bahaya atau risiko dari alat pemanas ini?

Beberapa Bahaya Alat Pemanas Air

Alat pemanas listrik sekarang banyak sekali digunakan di rumah-rumah, hotel, kost-kostan maupun penginapan. Hal tersebut tentu akan memudahkan penghuninya ketika ingin memakai air panas. Namun, masih sedikit orang yang memikirkan bahaya atau risiko yang mungkin ditimbulkannya.

Bagi orang-orang yang membutuhkan air panas, bahkan menggunakan alat pemanasnya hampir setiap hari, berikut akan dijelaskan apa saja bahaya dari benda satu ini yang perlu diantisipasi:

Tersengat Listrik

Umumnya, benda ini akan ditaruh di kamar mandi, tepatnya di atas bathtub ataupun menempel pada dinding dekat shower. Apabila terdapat satu dua kabel tembaga berseliweran di luar pipa, sudah pasti resiko tersengat lebih besar. Apalagi jika langsung bersinggungan dengan air.

Bahaya alat pemanas air dengan listrik satu ini merupakan yang paling fatal karena tegangan besar dihasilkan oleh mesin. Sehingga, ketika bersinggungan dengan zat cair bisa saja merenggut nyawa seseorang.

Air serta tubuh manusia merupakan zat penghantar listrik yang paling mudah. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang sering menggunakan alat pemanas untuk memanfaatkan energi alternatif, seperti tenaga surya agar lebih aman.

Konsleting

Resiko kedua yang mungkin terjadi ketika memiliki alat pemanas air dan sering menggunakannya ialah mesin lebih cepat rusak dan menyebabkan terjadinya hubungan pendek arus listrik. Logam yang berada di dalam akan memuai sehingga lapisan luar tangki mulai retak.

Bila sudah seperti itu, Anda harus berhati-hati karena bisa menyebabkan konsleting arus listrik. Retakan pada tangki akan membuat air merembes keluar sehingga mengganggu mesin pemanas. Nyawa tentu menjadi taruhan apabila alirannya mengenai tubuh.

Keracunan

Bahaya ini berlaku bagi alat pemanas yang memakai listrik maupun gas. Apabila air yang dihasilkan dari mesin tersebut mendadak keruh atau tercium aroma amis menyengat, itu berarti terdapat kerusakan pada pipa sehingga terjadi kontaminasi.

Air yang keruh tersebut mulai bercampur dengan karat dari mesin pemanas maupun pipa penyalurnya. Sehingga, menjadikan warnanya kecoklatan seperti tembaga. Ketika sudah seperti itu, segera matikan alatnya dan ganti dengan yang baru.

Apabila Anda menggunakan alat pemanas dengan energi gas, hati-hati terhadap emisi yang dihasilkan mesin tersebut. Tidak hanya satu atau dua orang meninggal di dalam kamar mandi karena keracunan Karbon Monoksida.

Alat pemanas memang banyak sekali manfaatnya. Namun jangan lupa dengan resiko yang ditimbulkan. Apabila menimbulkan banyak bahaya, akan lebih baik kalau ditinggalkan saja. Atau Anda bisa memakai mesin bertenaga surya karena lebih aman.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA