by

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang Gelar Tasyakuran dalam Rangka Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

KOPI, Karawang – Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi (HBI) yang ke-70 , Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang, Jawa Barat melaksanakan Tasyakuran. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang, Ujang Cahya, bertempat di Kantor Imigrasi Karawang, Senin (27/01/2020).

Saat konferensi pers kepada awak media, Ujang Cahya menyampaikan bahwa setiap bulan Januari menjadi momen yang spesial bagi segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Imigrasi. Tepatnya, tanggal 26 Januari 2020 diperingati sebagai Hari Bhakti Imigrasi yang ke-70.

HBI kali ini mengusung tema “SDM unggul Indonesia Maju”. Direktorat Jenderal Imigrasi, khususnya Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang, bertekad untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul dengan cara memberikan penguatan berupa penyampaian arahan-arahan dari para Pejabat Struktural di lingkungan Kantor Imigrasi Karawang di setiap pelaksanaan apel pagi serta di berbagai kesempatan lainnya.

Lebih lanjut, Kakanim menambahkan bahwa dalam rangka memperingati HBI, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang telah mengadakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan sejak bulan Desember 2019.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut sebagai berikut:

  1. Layanan Paspor Simpatik adalah pemberian lain layanan kepada masyarakat berupa proses permohonan dan pembuatan paspor yang dilaksanakan diluar hari kerja, Hari Sabtu, kegiatan ini telah berlangsung selama 1 (satu) bulan yaitu tepatnya 28 Desember 2019 s/d 25 Januari 2020. Sejak awal diselenggarakan tercatat sebanyak 243 masyarakat yang terlayani, 103 Pemohon Paspor Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Karawang dan Purwakarta serta 140 Pemohon Paspor dari kalangan umum.
  2. Layanan Pengambilan Paspor di luar Jam kerja, salah satu inovasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang sehingga bisa meraih Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WPK) di tahun 2019. Sejak tahun 2020 layanan ini telah dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu setiap Hari Sabtu tanggal 4,11 dan 18 Januari 2020, sejumlah masyarakat telah terlayani yaitu sebanyak 34 Pemohon, layanan ini mendapat respon dan aspirasi yang positif dari masyarakat karena dinilai memudahkan yang mengalami kesulitan untuk mengambil paspornya di hari kerja.
  3. Aksi sosial pembersihan rumah ibadah, kegiatan itu telah dilaksanakan pada Hari Jumat (17/01/2020), tempat di Mesjid Al-Jihad, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.
  4. Turut serta sebagai petugas dalam Festival Keimigrasian, yang diselenggarakan sebanyak 2 kali yaitu Sabtu dan Minggu tanggal 19-20 Januari 2020, bertempat di Gedung Pusat BRI, serta Minggu (26/01/2020), bertempat di Plaza Senanyan, Jakarta Pusat.
  5. Kegiatan Fun Game dan Donor Darah, yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Karawang. Dalam acara Fun Game terdapat 3 (tiga) jenis perlombaan yaitu Tenis Meja, Catur dan Kartu Gapleh. Dengan adanya kegiatan ini maka akan meningkatkan kekompakan, kerjasama antar pegawai dan diharapkan diimplementasikan, dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
  6. Upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pancawati Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Kegiatan ini diharapkan kepada para pegawai menjadi tauladan dan semangat dan jasa para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan bangsa.

“Demikianlah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang, publikasi ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi dalam melaksanakan tugas keimigrasian pada masyarakat,” ungkap Ujang. (Dede N)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA