by

Intensitas Curah Hujan Tinggi, Banjir dan Longsor Ancam Pagaralam

KOPI, Pagaralam – Intensitas curah hujan yang tinggi dengan durasi cukup lama, Kamis (9/1), menjadikan beberapa wilayah di Kota Pagaralam terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Catat saja seperti di RT 01 RW 02 Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Pagaralam Utara, tepatnya di belakang SMA Negeri 1 Pagaralam dan beberapa tempat di daerah Gunung Gendang Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Dari pantauan awak media di lokasi, air yang merendam pemukiman juga memiliki arus yang cukup deras, terutama di sekitar bantaran kali yang melintasi SMA Negeri 1 Pagaralam.

Kapolsek Pagaralam Utara, AKP Herry Widodo, SH yang turun langsung bersama jajaran Polres Pagaralam lainnya dibantu aparat TNI dan Dinas Lingkungan Hidup dan BNPB berjibaku memberikan bantuan kepada korban banjir. Dikatakan Herry, banjir yang menggenangi sekitar 20 rumah penduduk kali ini cukup besar dengan arus air yang deras sehingga cukup membahayakan, untuk itu pihaknya memberikan perhatian yang sangat serius agar tidak jatuh korban.

“Arus air yang menggenangi pemukiman warga cukup deras yang berasal dari kali yang melintasi SMA N1. Kita akan terus pantau dan berikan bantuan kepada korban,” terang Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam, Joni SE yang juga turun memantau langsung serta turut melakukan pembersihan sampah-sampah yang menyumbat aliran sungai. Ia menjelaskan penyebab meluapnya kali yang melintasi SMA 1 selain intensitas hujan yang tinggi dan dengan waktu yang lama, juga dikarenakan banyaknya sampah yang menyumbat aliran kali.

“Memang kalau hujan deras, kali ini sering meluap. Namun hari ini lumayan besar,” ungkap Joni.

Selain banjir diKota Pagaralam, beberapa akses jalan dari dan menuju Pagaralam yang terdapat di wilayah Kabupaten Lahat tertutup longsor menyebabkan terputusnya sementara waktu akses jalan utama Pagaralam – Lahat dan sebaliknya.

Kapolres Lahat AKBP Irwansyah, S.I.K.,M.H melalui siaran Humas Polres Lahat yang disampaikan Satlantas Ipda Octalya Saka membenarkan telah terjadi longsong di Kecamatan Pulau Pinang. Tepatnya di daerah Terkul yang menutup bagian jalan sehingga memutus sementara akses Lahat-Pagaralam, dan arah sebaliknya. Pengguna jalan dengan kendaraan pribadi bertonase rendah disarankan melalui jalan alternatif melewati Kecamatan Gumai.

Menjelang tengah hari dari informasi pihak terkait, lokasi longsor sudah berhasil dibersihkan. Material longsor berupa tanah dan lumpur sudah didorong ketepi jalan sehingga kendaraan sudah mulai bisa melalui daerah Terkul meskipun sedikit tersendat.

Meskipun demikian, pihak terkait menghimbau agar pengendara tetap hati-hati dan waspada, mengingat jalan yang sangat licin dan longsor susulan sewaktu-waktu bisa terjadi (JF)

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA