by

Hati-hati, Banyak Anak Sakit Jiwa Karena HP

-Opini-2,501 views

Menyadari bahaya HP terhadap anak-anak, Negeri Sakura punya cara tersendiri untuk mengatasinya. Di samping ada aturan sekolah yang membatasi pemakaian HP untuk anak-anak, kementerian pendidikan dan kebudayaan Jepang rajin menyelengarakan festival permainan anak-anak tradisional. Misalnya, permainan petak umpet, lomba makan buah, pertunjukan tari, topeng, wayang, dan lain-lain.

Di Indonesia, banyak permainan tradisonal anak-anak yang asik, tapi sekarang nyaris terlupakan. Seperti egrang, bagregan, petak umpat, lenong anak, tari-tarian, persilatan, dan lain-lain. Juga melukis di pasir pantai, mengambar pemandangan, dan macam-macam kegiatan yang membuat ceria anak-anak. Jika festival kesenian untuk anak-anak semacam itu sering dilaksanakan, niscaya anak-anak menemukan wahana baru yang menyenangkan di jagad nyata. Bukan di jagad maya. Seperti di layar HP.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA