by

Hadiri Musrembang di Tiga Desa, ini Catatan Penting Wakil Rakyat Nunukan

KOPI, Nunukan – Sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat yang telah mengamanahkan untuk diwakili di DPRD Nunukan dalam menyalurkan aspirasinya. Anggota DPRD Kabupaten  Nunukan, Andre Pratama dan Hj. Nadia secara bersama – sama menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSREMBANG) tingkat Desa di Pulau Sebatik, Senin (27/01/2020)

Musrembang yang dihadiri oleh Legislator asal Daerah Pemilihan Sebatik, masing-masing di Desa Bukit Harapan Kecamatan Sebatik Tengah, Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur dan Desa Bambangan di Kecamatan Sebatik Barat.

Dalam kesempatan Musrembang tersebut, Andre Pratama berharap agar masing-masing Kepala Desa bisa memilah dan memilih perencanaan pembangunan yang nantinya diusulkan untuk dimasukkan dalam Anggaran Kabupaten, sekiranya Anggaran Desa maupun Dana Desa belum bisa mengcover.

“Namun apabila bisa dimasukkan atau di cover oleh Anggaran Desa seyogyanyalah dimasukan saja di Anggaran Desa,“ tambah Andre.

Usulan-usulan yang menjadi catatan penting oleh para wakil rakyat ini dalam Musrembang. Di antaranya, untuk Desa Bukit Harapan, terutama masalah ketersediaan Air Bersih, sambungan insalasi listrik ke rumah-rumah warga, sarana Tower Telekomunikasi serta pembangunan jalan jembatan masing-masing di RT 2 dan RT 3. Sementara untuk sarana dan prasarana pendidikan, dan ini termasuk skala prioritas, dengan melihat langsung kondisi SMPN 2 Kecamatan Sebatik Tengah, adalah Pembangunan Pagar Sekolah, Lapangan Upacara, Musholla, Sarana UKS dan Sarana Air Bersih.

Sementara itu untuk usulan Musrenbag di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur diantaranya, pembangunan Jalan Bhayangkara dari Desa Sungai Nyamuk hingga Desa Bukit Aru Indah dan untuk Desa Bambangan Kecamatan Sebatik Barat, Ketua RT menitipkan usulan untuk Pengelolaan serta Pembangunan Sapras Obyek Wisata Perbatasan berupa Patok Batas Negara antara Indonesia dan Malaysia yang lebih dikenal sebagai Patok 15 serta air terjun Sianak Desa Bambangan agar kedepannya bisa menjadi sumber pemasukan bagi Pendapatan Asli Desa  dan Kabupaten.

“Usulan-usulan ini menjadi Catatan penting bagi kami sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan agar hasil Musrembang ini, kami harap hasil Musrembang di tingkat Desa ini dapat direkap dan dimasukkan di Musrembang Tingkat Kecamatan dan Kabupaten, sehingga dapat kami perjuangkan untuk dimasukkan dalam RKPD Kabupaten Nunukan Tahun 2021,“ ujar Andre Pratama.

Terkait masalah air bersih di Desa Bukit Harapan dan Pulau Sebatik umumnya, Andre Paratama mengaku sudah berkomunikasi dengan Kepala PDAM dan Kepala Dinas PUTR Nunukan Ir Sufyang. “Hasilnya, akhir minggu ini telah dilakukan survei oleh  Kepala Balai PU Cipta Karya Prov Kaltara dan Kaltim untuk mensurvey penambahan jaringan pipa air bersih dari Embung Lapio ke masyarakat,” bebernya. 

Menurutnya, ini merupakan sebuah langkah bagus karena direncanakan penganggaran akan dimasukkan dalam usulan melalui APBN. “Saya berharap OPD terkait bisa lebih aktif untuk berkoordinasi dengan Kementrian dan Provinsi agar usulan di daerah bisa cepat ditangani dan dicarikan solusi anggaran nya, ditengah minimnya serta kondisi defisit APBD Nunukan,” pungkas Andre Pratama.

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA